visitaaponce.com

The Jakarta Masters 2023 Munculkan Atlet Equestrian Muda Berbakat Indonesia

The Jakarta Masters 2023 Munculkan Atlet Equestrian Muda Berbakat Indonesia
Kompetisi berkuda equestrian The Jakarta Masters 2023 menjadi ajang lahirnya bibit atlet muda equestrian berbakat di Tanah Air. (Dok The Jakarta Masters 2023)

GELARAN kompetisi berkuda equestrian The Jakarta Masters 2023 berlangsung sukses. Kompetisi yang berlangsung selama sepekan sejak 12 hingga 17 Desember tersebut menjadi ajang lahirnya bibit atlet muda equestrian berbakat di Tanah Air. 

President of Event The Jakarta Master 2023, Rohalia Kharisma Zein mengaku ada peningkatan pesat dari jumlah peserta dibandingkan perhelatan tahun lalu.

"Saya bersyukur sekali setiap tahun The Jakarta Masters ada peningkatan dari jumlah peserta. Tahun lalu kita ada 240 kuda, tahun ini sekitar 270-an. Artinya dunia berkuda khususnya equestrian ini ada kemajuan, peminatnya semakin banyak," ujar Rohalia, Minggu (17/12). 

Baca juga : Atlet Muda Indonesia Tampil Apik di Aragon FEI Jumping Worldcup Southeast Asia League 2023

Owner ZZ Stable tersebut berharap akan semakin banyak bibit-bibit calon atlet Indonesia kedepannya dari turnamen tersebut.

Baca juga : Equenara Gelar Kualifikasi Piala Dunia Equestrian 2022 Pekan Ini

"Alhamdulillah banyak sekali. Apalagi yang usia 18 ke bawah itu mereka mainnya sudah cukup baik. Bahkan beberapa ada yang sudah pernah tanding di luar negeri juga," kata dia.

Perihal perhelatan The Jakarta Masters 2024, Rohalia menyebutkan tengah digodok lebih lanjut dengan mengedepankan berbagai persiapan teknis.

"Sampai sekarang masih akan kita pikirkan seperti apa. Harapannya peserta lebih banyak dan venue dirubah pada 2024. Apalagi kita ada sponsor dari Brabus ya, kita baru-baru ngobrol tadi, mudah-mudahan nanti kedepannya kita mau buat seperti apa jadi masih ada brabusnya, mungkin ada kelas sendiri. Tempatnya yang memadai antara disini atau di Pulomas," pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan dari Brabus, Hengky Kurniawan mengaku sangat terkejut dengan antusiasme dari para peserta The Jakarta Masters 2023.

"Kita jujur ini kali pertama tapi kita sangat antusias. Makanya saya bilang sama ibu Lia kita akan mensupport kembali tahun depan," kata dia.

Hengky mengaku berkomitmen untuk kembali mendukung perhelatan The Jakarta Masters tahun depan.

"Kita sedang buat penjajakan untuk kelas khusus, terus terang kita tidak sangka animonya sangat besar seperti sekarang ini. Makanya kita on the spot bicara dengan Bu Lia untuk tahun depan dapat support kembali," tambahnya.

Menambahkan Vice President of Event, The Jakarta Master 2023, Mohamad Chaidir Saddak menyebutkan turnamen The Jakarta Masters sangat penting bagi kemajuan olahraga berkuda di Indonesia.

"Kami bangga bisa menyelenggarakan event sebesar ini karena ini masuk dalam kalender World Cup Qualifier, yang mana seri pertama sudah dilaksanakan bulan lalu di Pulomas. Dan sekarang seri kedua dan ketiga di dua weekend berturut-turut," kata Saddak.

Saddak mengucapkan terima kasih kepada panitia, judge baik dalam dan luar negeri, karena perhelatan The Jakarta Masters 2023 berlangsung sukses. 

"Meskipun kelas ini dikhususkan untuk rider senior. Tapi banyak atlet berbakat yang di bawah 18 tahun. Tadi ada Dinov yang umurnya baru 15 sudah menunjukkan prestasi luar biasa di kelas yang ada senior riders. Ini yang harus kita dorong terus sehingga para sponsor dan penyelenggara dari event Equestrian bisa fokus pada atlet muda," kata dia.

Saddak optimis dengan semakin banyaknya turnamen berkuda yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan setiap tahun bisa semakin mengembangkan prestasi atlet berkuda nasional.

"Dan kelihatannya sudah dilakukan sampai sekarang dan kita sudah menikmati hasilnya seperti tadi jelas 125 itu juara satu dan dua nya sudah junior riders, dan itu sangat menggembirakan sekali," paparnya.

Juara Pertama Kategori Show Jumping 125 cm Open The Jakarta Masters 2023, Nusrtdinov Zayan Fatih (13) dari club DNV Equestrian menyebutkan dirinya tidak menyangka bisa menjadi juara pertama dalam kategori 125 centimeter (cm).

Ia mengaku untuk dapat menjadi juara memang membutuhkan persiapan khusus baik dari kuda maupun atletnya.

"Kita harus fokus pada peraturan nya. Ada jump off dan free legs tapi harus tetap aktif karena ada time limit.

Sebelum bertanding tinggi banget tantangannya, kita harus fokus aja dan membuat kuda nya rileks. Kalau kuda nya tegang, maka jumping nya jadi tidak benar," kata Dinov.

Dinov menyebutkan persaingan dengan atlet lainnya lumayan ketat 

"Apalagi saya juga baru beberapa kali bertanding. Aku di kelas jumping open 125 cm. Harapannya ke depan bisa lebih fokus dan jangan terlalu mudah puas dengan capaian yang ada," pungkasnya.

Dalam perhelatan di hari terakhir, pada kategori World Cup 140 centimeter, Ferry Wahyu Hadiyanto menjadi juara pertama dari Equinara Horse Sports menunggangi kuda bermana Cascadella De Revel.

Kemudian di kelas U18, rider Muhammad Abiansyah dari Branchsto Equestrian Park menjadi juara pertama dengan menunggangi kuda bermana Anjani.

Lalu di kelas Show Jumping 95 cm open, rider Jawandri Mewengkang dari ZZ Stable menjadi juara pertama dengan menunggangi kuda bermana Donitri.

Pada kategori show jumping 105 cm open, rider Nathanael Menayang dari ZZ Stable menjadi juara pertama dengan menunggangi kuda bermana Babriola.

Sebagaimana diketahui, The Jakarta Masters 2023 berlangsung pada tanggal 12-17 Desember 2023 di Arthayasa Stable Depok, Provinsi Jawa Barat memperebutkan total hadiah ratusan juta Rupiah.

Selain dapat menyaksikan show jumping dan dressage, para penonton juga dapat menikmati food truck serta multi product bazaar di lokasi stable. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat