visitaaponce.com

Kemenpora Apresiasi Pelaksanaan Energen Champion SAC Indonesia

Kemenpora Apresiasi Pelaksanaan Energen Champion SAC Indonesia
Deputi Pembudayaan Olahraga Rudi Sufahriadi memberi keterangan pers terkait Energen SAC Championship Indonesia.(Istimewa)

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memuji konsep dan pelaksanaan kompetisi atletik pelajar terbesar se-Tanah Air, Energen Champion SAC Indonesia, yang diinisiasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia.

Deputi Pembudayaan Olahraga Rudi Sufahriadi menilai semangat SAC Indonesia sejalan dengan tujuan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) 2021-2045. Melalui DBON, pemerintah ingin pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan. Untuk mewujudkan visi tersebut, pemerintah menyiapkan langkah-langkah strategis yang diturunkan dari level pemerintah pusat ke daerah.

”Salah satu sasaran untuk mewujudkan misi itu, pemerintah ingin mewujudkan partisipasi siswa dan mahasiswa agar aktif berolahraga. Ukuran aktif itu dari persentase pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sebanyak tiga kali seminggu dengan durasi waktu minimal 60 menit per pertemuan. Kompetisi ini tentu sangat sejalan," ujar Rudi Sufahriadi di Stadion Sriwedari, Solo, Jumat (19/1).

Dengan adanya kompetisi turnamen tersebut, guru maupun sekolah bakal lebih terdorong menggerakkan para siswa untuk berolahraga sebagai persiapan mengikuti kompetisi.

Baca juga: Kemenpora Mengaku Jalin Komunikasi Intens dengan Ragnar Oratmangoen

"Kami mengapresiasi DBL Indonesia, PASI, dan para sponsor yang secara tidak langsung mendukung DBON lewat SAC. Sebab dalam sasaran DBON yang lain, pemerintah berharap bisa terwujud perkembangan industri olahraga," tuturnya.

PT Mayora Indah, sebagai salah satu sponson turnamen, berkomitmen untuk terus terlibat dalam penguatan sektor olahraga nasional. Marketing Director Energen Champion Haruman Rustandi mengatakan dukungan pada SAC Indonesia adalah bentuk partisipasi menciptakan juara-juara baru.

"Salah satu pertimbangan mendukung SAC Indonesia tak lain karena event itu diselenggarakan DBL Indonesia. Energen Champion yang juga menjadi sponsor di NBA paham bahwa DBL Indonesia selama ini juga konsisten menyelenggarakan kompetisi basket pelajar. Konsisten penyelenggaran kompetisi DBL itu juga mulai membuahkan hasil positif di dunia basket Indonesia," terang Hariman.

Baca juga: PB Pasi Gelar Kompetisi Atletik Pelajar Terbesar se-Tanah Air

Musim ini, SAC Indonesia juga mendapat dukungan dari Pertamina. Keterlibatan Pertamina di olahraga Indonesia memang bukan hal baru.

Mereka selama ini memberikan dukungan ke beberapa cabang olahraga. Yang masih berjalan sampai saat ini tentu di cabang olahraga basket, voli, dan MotoGP.

"Keterlibatan kami di sini tentu sebagai bentuk kontribusi Pertamina untuk dunia atletik Indonesia. Kami sangat senang bisa berkolaborasi apalagi event ini menyentuh langsung pembinaan usia dini pada tingkat pelajar, dari SD sampai SMA. Semoga apa yang kita lakukan bersama-sama di SAC Indonesia ini mampu melahirkan bibit-bibit atlet yang bisa mengharumkan nama negara," kata, Area Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho.

Energen Champion SAC Indonesia diikuti 288 pelajar tingkat SMA/sederajat itu dan diselenggarakan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada 18-20 Januari 2024.

"Peserta National Championship ini adalah para pelajar yang berstatus juara 1, 2, dan 3 pada lima nomor atletik yang sudah diperlombakan pada sesi kualifikasi sebelumnya. Sesi kualifikasi digelar Agustus-Desember 2023 lalu," ujar sprinter nasional yang juga anggota talent scouting PB PASI.

Adapun, lima nomor atletik yang diperlombakan adalah sprint (lari 100 meter), middle distance (lari 1.000 meter), relays (lari estafet 4x100 meter), long jump (lompat jauh), hingga shot put (tolak peluru)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat