visitaaponce.com

Dominasi Bagnaia di Kualifikasi MotoGP Italia Terpotong Hukuman Grid

Dominasi Bagnaia di Kualifikasi MotoGP Italia Terpotong Hukuman Grid
Francesco Bagnaia mendominasi sesi kualifikasi MotoGP Italia, namun kegembiraannya dipotong hukuman grid tiga tempat setelah insiden latihan(Motogp)

SETELAH satu jam latihan intensif di Gran Premio d'Italia Brembo, tempat-tempat penting Q2 telah diputuskan, dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) kembali menduduki posisi teratas dan menegaskan kekuasaannya di akhir hari Jumat. 

Ini adalah putaran sensasional oleh Bagnaia dalam lima menit terakhir untuk melintasi garis finis dan menetapkan waktu 1:44.938 yang luar biasa. 

Alex Rins (Monster Energy Yamaha MotoGP Team) terus membuat pernyataan setelah menyelesaikan Jumat di posisi kedua dan di depan Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3), yang melakukan pemulihan gemilang setelah terjatuh di tikungan 13 - kecelakaannya yang kedua dalam akhir pekan ini.

Baca juga : Bagnaia Menangi MotoGP Catalunya

Ada drama tinggi sepanjang sesi termasuk kecelakaan Acosta dengan nomor #31 terpaksa mendapat angkutan kembali ke paddock untuk sepeda cadangan. Sementara itu, di posisi teratas menuju menit-menit terakhir adalah Viñales, namun, ketika waktu berdetik, segera menjadi akhir sesi yang heboh ketika ban baru digunakan. 

Sektor merah muncul di mana-mana dengan Bagnaia segera terbang ke puncak papan waktu - menjadi pembalap pertama akhir pekan ini yang masuk dalam waktu 1:44 tanpa ada yang bisa menyamai kecepatan #1 saat jam nol tiba. Namun, setelah sesi, Bagnaia akan diberi hukuman mundur tiga tempat grid setelah insiden Latihan dengan Alex Marquez.

Lebih ke belakang di posisi keempat setelah akhir yang gemilang untuk proses Jumat adalah Miguel Oliveira (Trackhouse Racing), yang meningkat di sesi akhir pada lap ke-20. Oliveira mengakhiri hari sebagai Aprilia teratas dan finis di depan Marc Marquez (Gresini Racing MotoGP™) yang telah menemukan kecepatan pada hari Jumat dan akan memiliki akses langsung ke Q2 untuk pertama kalinya sejak GP Spanyol.

Baca juga : Francesco Bagnaia Waspadai Performa Jorge Martin dan Marc Marquez

Setelah awal yang sulit pada hari itu, Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) menemukan kecepatan dengan ban belakang baru yang lunak untuk melompat ke posisi keenam di papan waktu. Bastianini mengakhiri hari yang baik bagi tim pabrikan Ducati dan finis di depan Jorge Martin (Prima Pramac Racing). Nomor #89 adalah satu-satunya mesin Pramac di dalam 10 besar dengan Franco Morbidelli turun ke posisi 15 setelah hari pertama.

Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP™) juga mencatatkan entri langsung pertamanya ke Q2 sejak GP Spanyol - menutup Jumat yang sangat baik bagi Gresini. Di belakang #73 adalah Viñales, yang turun ke posisi kesembilan di depan rekan setim Aprilia Racing, Aleix Espargaro, yang mengambil posisi terakhir di dalam 10 besar penting untuk kualifikasi Sabtu.

Pada hari Sabtu, Q1 dijadwalkan sebagai sesi yang penuh aksi dengan ketiga mesin Red Bull KTM Factory Racing terpaksa berjuang untuk dua posisi teratas. Bergabung dengan KTM dalam Q1 akan menjadi Monster Energy Yamaha MotoGP™ Team’s Fabio Quartararo, yang ketinggalan hanya 0.019s setelah melakukan kesalahan pada lap cepat terakhirnya. Marco Bezzecchi dari Pertamina Enduro VR46 Racing Team dan polesitter tahun lalu Fabio Di Giannantonio juga akan bertarung di Q1, membuat MotoGP™ tidak dapat diprediksi seperti biasanya.

Namun, KTM mencetak berita lain di Mugello, dengan Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) menyamai rekor kecepatan tertinggi saat ini sebesar 366.1 km/jam selama Latihan. (MotoGP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat