visitaaponce.com

Ingin Beli Sepeda Motor Baru Anda Harus Tahu Apa Itu Inreyen

Ingin Beli Sepeda Motor Baru? Anda Harus Tahu Apa Itu Inreyen
Menko Polhukam Mahfud MD (tengah)mengendarai sepeda motor saat acara Road Safety Campaign di kawasan Kampus UGM, Sleman, D.I Yogyakarta.(ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

SAAT Anda membeli kendaraan baru, terutama sepeda motor, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu inreyen, agar kendaraan Anda bisa tetap awet. Apa itu inreyen dan bagaimana cara kerjanya?

Inreyen adalah masa penyesuaian kendaraan bermotor sebelum bisa digunakan seoptimal mungkin kemampuannya. Masa inreyen dimaksudkan untuk memastikan agar kendaraan sudah benar benar siap untuk digunakan dalam jangka waktu panjang. Maka, perlu penyesuaian pada mesin dan komponen pada kendaraan.

Baca juga: Pengertian Bore Up Motor, Manfaat serta Kelebihan dan Kekurangan

Inreyen diperlukan pada sepeda motor baru, untuk memastikan mesin dan komponen yang ada di sepeda motor sepenuhnya sudah siap untuk digunakan dalam jangka waktu panjang dan jarak tempuh yang jauh. Maka, diperlukannya masa penyesuaian.

Cara inreyen sepeda motor baru

Melansir dari situs Pertamina, berikut adalah metode yang anda bisa lakukan pada kendaraan anda pada periode inreyen.

1. Memastikan kecepatan yang stabil

Motor baru memiliki tarikan yang kuat, maka sering kali kita tertarik untuk mencobanya hingga kecepatan yang sangat tinggi. Kendati demikian, hindari ini pada masa inreyen, untuk memastikan oli dalam mesin benar benar tersebar pada mesin. Alih alih, cobalah dalam kecepatan standar yang stabil.

2. Hindari beban berlebih

Dalam kendaraan motor, terdapat ketentuan mengenai beban maksimal, pastikan Anda mengikuti ketentuan tersebut. Beban yang berlebih akan berpotensi merusak sistem shock breaker dan komponen lainnya.

3. Pengereman yang secukupnya

Selanjutnya, pada masa inreyen, Anda disarankan untuk menggunakan rem seoptimal mungkin. Hindari rem mendadak apabila tidak dibutuhkan. Hal itu untuk membantu penyesuaian rem pada kendaraan Anda.

4. Servis di bengkel yang tepat

Meskipun sepeda motor baru tergolong memiliki masalah yang minim, Anda tetap disarankan untuk mendatangi bengkel untuk memperhatikan kekurangan pada kendaraan Anda, dan memastikan penggantian oli tiap bulan atau periode yang disarankan.

Ini Ciri Inreyen yang gagal

Apabila sepeda motor baru Anda mengalami masalah pada saat jangka berkelanjutan Anda menggunakannya, berarti ada indikasi bahwa Anda tidak mengikuti prosedur pada masa inreyen. 

Masalah tersebut pada umumnya berada di komponen mesin. Karenanya, pastikan untuk mengikuti prosedur inreyen, yang pada umumnya berada di buku panduan saat Anda membeli sepeda motor baru. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat