visitaaponce.com

Cetak Penjualan 331 Ribu Unit, Toyota Pimpin Pasar Otomotif Nasional

Cetak Penjualan 331 Ribu Unit, Toyota Pimpin Pasar Otomotif Nasional
Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta.(Antara)

TOYOTA berhasil menutup periode 2022 dengan volume penjualan sebesar 331.410 unit secara whole sales. Angka itu naik 12,1% dari 2021, yakni sebanyak 295.000 ribu. 

Dengan pencapaian tersebut, Toyota sukses memimpin pasar otomotif Indonesia dengan market share 31,6%. Pihak Toyota menyebut pertumbuhan ini dipengaruhi pulihnya perekonomian nasional dan adanya peningkatan daya beli masyarakat. 

Hal itu selaras dengan pertumbuhan market secara keseluruhan yang mulai bangkit setelah dilanda pandemi covid-19 dua tahun belakangan.

“Semakin membaiknya perekonomian nasional dan peningkatan daya beli masyarakat memberikan dampak positif terhadap kinerja penjualan industri otomotif, termasuk Toyota," ujar Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam keterangannya, Selasa (24/1).

Baca juga: Produk Lokal Suzuki Dukung Performa Penjualan 2022

"Kami berharap tren ini terus berjalan ke arah yang positif. Sehingga, Toyota dapat berkontribusi meningkatkan perekonomian. Sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” imbuhnya.

Menurut Henry, pertumbuhan penjualan sangat didukung oleh penerimaan positif pelanggan terhadap deretan produk-produk Toyota. Secara komposisi, penjualan Toyota pada 2022 masih didominasi oleh segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6%.

Beberapa line up MPV & SUV Toyota seperti Avanza, Kijang Innova dan Kijang Innova Zenix, serta Rush masih menjadi pilihan utama. Produk-produk itu memimpin sebagai tiga mobil paling laku dari Toyota tahun ini.

Hal tersebut tercermin dari angka penjualan Avanza pada 2022 yang berhasil mencapai 60.619 unit, meningkat 49% dibandingkan periode yang sama pada 2021 sebesar 40.777 unit. Apabila digabung dengan Veloz, angka penjualan Avanza dan Veloz mencapai 92.641.

Selain itu, mobil legendaris keluarga Indonesia, Kijang Innova yang baru saja upgrade generasi menjadi Kijang Innova Zenix, berhasil mencatatkan penjualan total 46.933 unit. Jika digabung, total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52% market MPV nasional.

Segmen kendaraan elektrifikasi juga menunjukkan tren yang semakin positif tahun ini. Total penjualannya secara whole sales telah melebihi 4.463 unit, naik sangat signifikan 130% dari tahun 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit.

Baca juga: Afeela, Mobil Listrik Canggih Garapan Sony dan Honda

Pencapaian tersebut didukung lewat hadirnya kendaraan Battery EV pertama, Toyota bZ4X dan kendaraan Hybrid EV yang diproduksi lokal pertama Kijang Innova Zenix.

Untuk model dari brand GAZOO Racing, pada 2022, komposisi penjualannya secara rata-rata mencapai hampir 72%. Hal itu menjadi sebuah bekal penting bagi Toyota dalam melakukan pengembangan GAZOO Racing yang tidak hanya mencakup data dari keadaan balap, namun juga tetap mengakomodasi feedback dari para pelanggan.

"Penjualan Toyota tahun ini masih didominasi oleh model-model MPV yang menyumbang lebih dari 50% total penjualan 2022 sebanyak 191.010 unit, naik 21% dari tahun 2021," jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy.

Menurutnya, dominasi segmen MPV dalam penjualan Toyota cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia. Kemampuan akomodasi barang dan orang dari model MPV yang optimal dianggap menjadi favorit masyarakat Indonesia.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat