visitaaponce.com

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 Disambut Antusias

KABAR  gembira hadir bagi para pemilik dan penggemar Porsche di Indonesia. Pasalnya, ajang balap otomotif Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 akan digelar pada 8-10 Desember mendatang di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Balap mobil ini merupakan kerja sama antara PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA), Superstars Motor Sport, Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development
Corporation (ITDC).

Adapun jenis kendaraan yang akan berlaga dalam gelaran ini adalah Porsche 911 GT3 Cup. Itu merupakan mobil dengan bodi ringan dan spesifikasi turbo lebar yang tidak hanya memberikan tampilan yang mengesankan, tetapi juga memiliki kontribusi pada kontrol dan kelincahan seperti layaknya mobil balap.

Baca juga: Siap Berlaga, Mobil Porsche 911 GT3 Cup Pertama Tiba di Sirkuit Mandalika

Dalam konferensi pers di Gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (30/11), Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan saat ini sudah datang sepuluh unit mobil balap Porsche 911 GT3 Cup di Pertamina Mandalika International Circuit.

"Bagi kami, mobil ini merupakan suatu simbol keistimewaan dan prestise dalam dunia balap. Porsche Sprint Challenge Indonesia juga menjadi landasan bagi pengembangan bakat-bakat muda di dunia balap Indonesia," ungkap Priandhi.

Melalui program pelatihan dan pengembangan terintegrasi serta platform yang memadai, Priandhi berharap kehadiran Pertamina Mandalika International Circuit dapat melahirkan pembalap-pembalap andal. Mereka diharapkan tidak hanya dapat bersaing di tingkat nasional tetapi juga mewakili Indonesia dalam ajang balap internasional.

Baca juga: Porsche Sprint Challenge Indonesia Siap Digelar di Mandalika

Porsche Sprint Challenge Indonesia dilisensikan dan dioperasikan oleh Supersport Motorsport, perusahaan motor sport berbasis di Mandalika, NTB. Didukung penuh oleh Porsche Indonesia, ajang ini telah mendapatkan homologasi untuk menggelar ajang balap roda 4 melalui dukungan pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan IMI-NTB.

Pada kesempatan yang sama, PT Star Motorsport Indonesia (Superstars Motorsport) Bagoes Hermanto mengungkapkan, musim balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia pertama di Mandalika membuat pelanggan serta pembalap bersemangat.

Dalam beberapa hari mendatang, pihaknya mengaku akan bekerja sama secara erat dengan para pemangku kepentingan seperti IMI, Injourney, ITDC, dan MGPA untuk mempersiapkan balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia pertama ini.

Baca juga: Audi dan Porsche akan Gabung dengan Formula 1

"Superstars Motor Sport dan MGPA sangat bersemangat untuk menjadi tuan rumah series balapan dengan mobil Porsche 911 GT3 Cup baru dan segera menyambut pembalap Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit," ujarnya.

Pada musim 2023, balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia akan digelar sebanyak tiga kali di Pertamina Mandalika International Circuit, yakni 8-10 Desember 2023, 12-14 Januari 2024, dan 26-28 Januari 2024. Setiap putaran balap terdiri dari Sprint Race dengan durasi 30 menit dan Endurance Race selama 45 menit.

General Manager Porsche Indonesia Alexander Riedel juga mengungkapkan kegembiraannya. “Porsche Indonesia sangat antusias untuk menjadi bagian dari Porsche Sprint Challenge Indonesia yang pertama, berbagi kekayaan DNA motorsport kami dengan para penggemar balap lokal," ungkapnya.

Dengan sejarah balap yang panjang dan bertingkat di berbagai disiplin ilmu, lanjutnya, Porsche mewakili semangat yang tersulut, presisi yang tak tergoyahkan, dan semangat kompetisi yang membara dalam olahraga motor. Pihaknya menantikan para pembalap pro-am dan amatir berkompetisi di trek pada Porsche 911 GT3 Cup musim ini dan memberikan kesempatan kepada para penggemar untuk menyaksikan aksinya dari dekat.

Salah satu pembalap Porsche Sprint Challenge Indonesia Budiyanto turut antusias dengan penyelenggaraan event. “Saya sebagai salah satu peserta Porsche Sprint Challenge Indonesia sangat antusias dan menunggu balapan mobil yang prestisius, yang pertama kali diadakan di Indonesia dan di Pertamina Mandalika International Circuit," katanya.

Ia berharap nantinya balapan ini akan menjadi mercusuar untuk perkembangan dunia otomotif di Indonesia untuk masuk ke
jajaran elite otomotif dunia. Selain itu dapat menjadi ajang sport tourism yang bisa membawa nilai ekonomi bagi Indonesia.

Sebagai informasi, pengunjung dapat menikmati event balap ini secara gratis di Grandstand A. Sementara itu, akses ke paddock selama tiga hari tersedia dengan harga mulai dari Rp300.000 sudah termasuk pajak. Paddock adalah area kerja bagi mekanik tim balap dan administrasi sirkuit, sehingga dapat memberikan pengalaman lebih eksklusif bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan pembalap. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat