visitaaponce.com

Daimler Truck Umumkan Uji Coba Armada Truk Fuel Cell Mercedes-Benz GenH2 Pertama untuk Uji Coba Pelanggan

Daimler Truck Umumkan Uji Coba Armada Truk Fuel Cell Mercedes-Benz GenH2 Pertama untuk Uji Coba Pelanggan
(DCVI)

DAIMLER TRUCKS memasuki tahap perkembangan berikutnya dalam visinya mengurangi karbonisasi transportasi melalui pemanfaatan truk bertenaga hidrogen. Setelah tahap pengujian yang ketat di jalur uji coba dan di jalan umum, pengembangan truk dengan sel bahan bakar ini telah mencapai tahap berikutnya untuk pertama kalinya digunakan secara langsung oleh pelanggan. 

Oleh karena itu, Daimler Truck saat ini telah membangun armada uji coba pertama untuk pelanggan Mercedes-Benz GenH2 Trucks. Rencananya, pada pertengahan 2024 nanti, perusahaan Amazon, Air Products, INEOS, Holcim, dan Wiedmann & Winz akan menjadi bagian dalam uji coba GenH2 Trucks, sehingga perusahaan-perusahaan ini berkesempatan merasakan pengalaman awal dalam transportasi jarak jauh bebas CO2 dengan truk sel bahan bakar.

Baca juga: Jelang Libur Nataru 2023/2024, DCVI Kembali Gelar Program Mercedes-Benz Commercial Vehicles Year-End Rescue 2023

Kelima traktor semi-trailer ini akan langsung digunakan pada perjalanan jarak jauh melalui rute-rute tertentu di Jerman, seperti pengangkutan bahan bangunan, kontainer laut atau tabung gas. 

Selama uji coba pertama ini, Truk GenH2 tetap berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab langsung Mercedes-Benz Trucks. Kendaraan akan diisi bahan bakar di stasiun pengisian hidrogen cair umum (sLH2) yang ditunjuk di Wörth am Rhein dan di daerah Duisburg. 

Member of the Board of Management Daimler Truck AG Andreas Gorbach yang bertanggung jawab atas Teknologi Truk menyatakan, dengan armada yang digunakan oleh para pelanggan pertama ini pihaknya dapat sekaligus menguji truk-truk berbahan bakar hidrogen tersebut langsung di dunia nyata. 

Baca juga: DCVI Penuhi 30 Unit Permintaan Bus Mercedes-Benz dari PO Juragan99 Trans

"Pengujian ini otomatis akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak: pelanggan kami dapat mengenal teknologi sel bahan bakar dalam operasi kehidupan nyata sehari-hari dan tim teknik kami dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan dan kasus penggunaan yang relevan secara langsung. Hal ini jelas penting untuk kami dalam tujuannya untuk pengembangan seri ke depannya,” ungkap Andreas Gorbach.

Kinerja Truk GenH2 menyamai truk jarak jauh konvensional

Para teknisi di bagian pengembangan Daimler Truck mengembangkan Truk GenH2 berfokus pada karakteristik muatan, jangkauan, dan kinerja truk jarak jauh Mercedes-Benz Actros konvensional. Truk Mercedes-Benz GenH2 yang digunakan dalam uji coba pelanggan pertama ini menawarkan muatan sekitar 25 ton dengan berat kombinasi kotor (GCW) 40 ton. 

Dua tangki hidrogen cair khusus dan sistem sel bahan bakar cellcentric yang sangat kuat memungkinkan muatan yang tinggi dan jarak tempuh yang jauh. Teknologi ini merupakan inti pengembangan Truk GenH2. Dua tangki hidrogen cair stainless-steel pada Truk GenH2 memiliki kapasitas total 88 kilogram sehingga sangat cocok untuk menempuh jarak jauh.

Baca juga: Mercedes-Benz Trucks Merayakan Peluncuran Perdana Truk Listrik Jarak Jauh eActros 600

Sistem sel bahan bakar Truk GenH2 menghasilkan 300 kilowatt (2 x150 kW) dan baterai menyediakan tambahan 400 kW untuk sementara. Pada saat yang sama, baterai yang relatif ringan juga memungkinkan muatan yang lebih tinggi. 

Baterai bisa terisi ulang melalui energi pengereman dan kelebihan energi sel bahan bakar. Dalam versi pra-seri, Truk GenH2 dilengkapi dua motor listrik dirancang untuk mencapai total daya kontinu 2 x 230 kW dan daya maksimum 2 x 330 kW.

Baru-baru ini pada bulan September 2023, Daimler Truck berhasil mendemonstrasikan bahwa teknologi sel bahan bakar hidrogen dapat menjadi solusi yang tepat untuk merealisasikan permintaan dekarbonisasi transportasi jarak jauh. Prototipe Truk Mercedes-Benz GenH2 berghasil menyelesaikan #HydrogenRecordRun Daimler Truck yang menempuh jarak 1.047 km dengan satu kali pengisian hidrogen cair.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat