visitaaponce.com

Dinyatakan Gugur, Awak Nanggala 402 akan Diberi Kenaikan Pangkat

Dinyatakan Gugur, Awak Nanggala 402 akan Diberi Kenaikan Pangkat
Kapal selam KRI Nanggala 402 yang telah dinyatakan tenggelam(Antara/Syaiful Arif)

PANGLINA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto secara resmi mengumumkan ke-53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 telah gugur. Hal itu didasarkan pada batas akhir life support (pendukung untuk hidup) berupa ketersediaan oksigen bagi kru KRI Nanggala, yakni 72 jam, jika listrik dalam kapal mati total (black out) dan bukti otentik ditemukannya barang-barang yang berasal dari KRI Nanggala 402.

"Oleh karena itu dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang onboard KRI Nanggala-402 telah gugur. Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di Perairan Utara Bali," kata Hadi saat jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (25/4). 

Menurut dia 53 awak kapal KRI buatan Jerman yang tenggelam di palung Bali dengan kedalam 834 meter itu gugur dalam tugas. Kapal selam ini membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata.

Baca juga : Mensos Kirim Psikolog Dampingi Keluarga Awak Nanggala 402

Menurut Hadi, kepastian kabar duka ini diperoleh dari informasi dari MV Ship Rescue melalui ROV terkait citra dan visual Nanggala-402, pada Minggu (25/4) pagi. Itu meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11.

"Rasa duka cita tersebut juga kami tujukan kepada seluruh keluarga besar Hiu Kencana pada khususnya, serta seluruh keluarga besar TNI Angkatan Laut pada umumnya. Kolonel Laut Pelaut Hari Setiawan, Letkol Laut Pelaut Heri Oktavian, beserta seluruh prajurit terbaik Hiu Kencana di KRI Nanggala-402," ungkapnya. 

Di sisi lain, Hadi juga akan segera mengajukan kenaikan pangkat terhadap 53 prajurit awak KRI Nanggal 402 kepada Presiden Joko Widodo..

"Saya akan mengajukan kenaikan pangkat 53 kru KRI Nanggala-402 kepada bapak presiden dalam waktu segera," katanya saat jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (25/4). 

Baca juga: TNI akan Lakukan Kerja Sama Internasional Evakuasi KRI Nanggala

Sementara itu, TNI kan melakukan sejumlah langkah untuk menindaklanjuti temuan tersebut seperti pencarian 53 awak dan pengangkatan badan kapal

"Selanjutnya Pemerintah Indonesia akan berkoordinasi dengan ISMERLO International Submarine Escape dan Rescue Liasion Office untuk mengupayakan langkah selanjutnya. Hal ini diperlukan karena untuk mengevakuasi KRI Nanggala-402 tentunya diperlukan kerja sama internasional," pungkasnya. 

Pada kesempatan sama Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono mengaku akan meminta kepada Panglima TNI untuk berupaya mencari 53 kru dan pengangkatan badan Nanggala-402. 

"Keluarga besar Hiu Kencana meminta kepada saya untuk melakukan itu dan saya tentu akan menyampaikan kepada Panglima TNI dan selanjutnya mengajukan ke atas (Presiden Jokowi)," pungkasnya. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat