visitaaponce.com

Jangkar hingga Baju Keselamatan KRI Nanggala 402 Ditemukan

Jangkar hingga Baju Keselamatan KRI Nanggala 402 Ditemukan
KRI Raden Eddy Martadinata -331 kembali berlayar untuk melanjutkan pencarian KRI Nanggala-402 di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jatim.(Antara)

PANGLIMA TNI Jenderal Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Satgas SAR pencarian KRI Nanggala-402 kembali menemukan sejumlah bagian kapal. Hal itu diketahui dari hasil citra bawah air dari kapal MV Swfit Reseceu milik Singapura.

"Telah dikonfirmasi sebagia bagian KRI Nanggal-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasul baju keselamatan awak kapal MK 11," ujar Hadi dalam konferensi pers, Minggu (25/4)

Hadi menyampaikan bedasarkan bukti-bukti otentik itu dapat dipastikan KRI Nanggala-402 telah tenggalam dikedalaman 838 meter. Seluruh awak dipastikan
gugur. "Dengan kesedihan mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 perseonel yang on bord KRI Nagggala-402 telah gugur," tuturnya.

KRI Nanggala-402 hilang kontak saat latihan penembakan torpedo di perairan utara Bali pada Rabu dini hari, 21 April 2021. Kapal selam itu mengangkut
53 kru.

Baca juga: KRI Nanggala 402 Terbelah Jadi Tiga Bagian

Sebanyak 21 armada dikerahkan mencari KRI Nanggala-402. Antara lain KRI Rigel-933, KRI REM-331, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Diponegoro-365, KRI DR Soeharso, dan satu helikopter seri Panther.

TNI mengerahkan 400 personel untuk mencari keberadaan kapal selam tersebut. Ratusan prajurit TNI AL itu akan menyisir perairan Bali. Sementara itu, Polri mengerahkan empat kapal jenis sonar dan robotik yang memiliki kemampuan menyelam.

Pembantuan dari negara sahabat yang telah tiba ialah HMAS Ballarat dari Australia dan pesawat mata-mata penjaga maritim Amerika Serikat (AS) P-8
Poseidon. Sementara itu, pembantuan yang segera tiba, yakni HMAS Sirius dari Australia.

Kemudian, kapal Rescue MV Swift dari Singapura yang dijadwalkan tiba Sabtu malam (24/4). Lalu, kapal Rescue MV Mega Bakti dari Malaysia yang diperkirakan tiba Minggu (25/4), dan satu kapal India. (OL-13)

Baca Juga: Dinyatakan Gugur, Pangkat 53 Awal KRI Nanggala 402 akan Dinaikkan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat