visitaaponce.com

Kasad Tegaskan tak Ada Uang Titipan untuk Jadi Perwira

Kasad Tegaskan tak Ada Uang Titipan untuk Jadi Perwira
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman(MI/Tri Subarkah)

KEPALA Staf Angkatan Darat (Kasad) Dudung Abdurachman menegaskan tidak ada uang titipan yang harus diserahkan untuk menjadi seorang perwira. Masyarakat diminta untuk tidak terkecoh oleh pihak atau oknum yang coba-coba memanfaatkan kesempatan untuk meraih keuntungan pribadi dari proses pendidikan calon perwira.

"Saya tegaskan tidak ada masuk TNI baik tamtama, bintara, maupun taruna menggunakan uang itu tidak ada. Masyarakat jangan terkecoh oleh pihak dan oknum tertentu yang manfaatkan situasi," ungkap Dudung seusai memberikan pengarahan kepada 292 prajurit muda (praja) yang baru dilantik menjadi perwira, di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis (14/7).

Dudung juga menjelaskan tidak ada praktik titip menitip perwira yang telah dinyatakan lulus dalam pendidikannya. Semua perwira yang lulus akademi militer (akmil) wajib mengikuti tes masuk sesuai dengan prosedur.

"Sebetulnya yang bersangkutan lulus murni, namun dengan alasan nanti akan saya titipkan dan lain sebagainya. Tidak ada itu," ungkapnya.

Baca juga: Presiden Lantik Taruna TNI-Polri Jadi Perwira

TNI AD sejauh ini sudah membentuk tim di setiap Komando Daerah Militer (Kodam) yang mengawasi praktik suap menyuap dalam proses pendidikan prajurit. Dudung menuturkan, TNI AD tidak segan untuk langsung memecat prajurit yang kedapatan meminta dan menerima uang dari calon peserta didik di akmil.

"Kita sudah keluarkan tim masing-masing kodam apabila kedapatan baik orang sipil maupun anggota TNI yang coba-coba melakukan kegiatan memanfaatkan situasi apabila pendaftaran menggunakan uang itu pasti ada tindakan yang sangat tegas. Kalau pelakunya tentara ya dipecat sama kita," ungkapnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat