visitaaponce.com

Kinerja KPK Dinilai tak Terganggu meski Pimpinannya Diserang

Kinerja KPK Dinilai tak Terganggu meski Pimpinannya Diserang
Ketua KPK Firli Bahuri(MI/Susanto)

DINAMIKA di tubuh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jangan sampai menggangu kinerja komisi antirasuah.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Lembaga Independen Pemerhati Pemuda Indonesia (LPPI) Dedi Siregar mendorong Ketua KPK Firli Bahuri dan jajaran tidak gentar dengan terpaan sejumlah isu. 

"KPK terus tegak lurus bersih dari korupsi, terlihat KPK terus bekerja tanpa henti tangkap siapapun pejabat negara yang korupsi," kata Dedi lewat keterangan yang diterima, Senin (8/5).

Sejauh ini menurut Dedi, kinerja KPK tetap konsisten memberantas korupsi. Tidak hanya itu KPK juga menangkap dua hakim agung, menahan mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo dan mengungkap serta menetpak 10 orang tersangka dalam kasus korupsi proyek kereta api. 

Dedi mencacat kepala daerah yang korup juga tidak lepas dari jeratan KPK. Contohnya kasus Bupati Meranti Muhamad Adil. Di bawah kepemimpinan Firli,  KPK berhasil menyelamatkan keuangan negara Rp 114 Triliun selama  2021 dan 2022. 

"Maka hal ini banyak yang mendukung tapi tidak sedikit pula oknum oknum yang mem-framing narasi negatif terhadap Ketua KPK Firli Bahuri dengan tujuan tertentu. Ditambah lagi sering dibenturkan hubungan KPK dengan lembaga penegak hukum dan instansi pemerintah lain," kata Dedi. 

Selain itu, Dedi mengatakan kasus hukum yang ditangani KPK kerap berkaitan dengan partai politik ataupun kelompok kekuasaan tertentu di negara ini. Bahkan mendekati tahun politik 2024, menurut Dedi, akan membuat KPK rawan dengan isu politisasi dan berbagai isu miring lainnya.

"Melihat kompleksitas persoalan yang dihadapi lembaga antirasuah ini, publik sangat berperan aktif mendukung kinerja KPK. Penegakan hukum tindak pidana korupsi akan dapat berjalan secara masif jika masyarakat turut andil di dalamnya," tandasnya. 

Karena itu, Dedi berharap KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri tetap solid, kompak dan terus berjalan sesuai sistem yang sudah dibangun selama ini. "KPK harus tetap berjuang menjaga kepercayaan yang tinggi dari rakyat.. Kami percaya bahwa KPK mampu menjaga dan menempatkan KPK sebagai lembaga yang paling dipercaya oleh masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan KPK pada 2023 harus mengencangkan sabuk pertahanan dan mengencangkan barisan dalam menghadapi tahun politik. 

Ia meminta seluruh jajarannya untuk tidak membuat kegaduhan guna memaksimalkan kinerja. 

“Mari kita sama-sama di dalam kapal besar KPK untuk mencapai tujuan dan tidak pernah ada kegaduhan di dalam kapalnya," pungkasnya. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat