visitaaponce.com

Generasi Muda Harus Jaga Nyala Api Pancasila

Generasi Muda Harus Jaga Nyala Api Pancasila
Kuliah Kelas Konstitusi Seri ke-3 di Foko, Senen, Jakarta.(DOK IST)

API Pancasila harus terus dinyalakan karena merupakan dasar negara sekaligus jalan spiritual bangsa. Jangan sampai anak bangsa tidak lagi peduli dengan Pancasila dan malah mempertanyakan relevansinya.

Pegiat spiritual dari Pusaka Indonesia, Setyo Hajar Dewantoro mengatakan menyalakan api Pancasila tidak lah mudah dan itu merupakan pekerjaan agung. Dia menyebutnya 'kerja raksasa'. 

Menurutnya butuh manusia berjiwa Pancasilais untuk bisa mengembalikan lagi nyala api Pancasila yang dinilainya kini telah redup.

"Generasi itu lahir jika menjalani ajaran dan laku spiritual yang dipraktikkan dan ajarkan sebagai spiritualitas murni dan dikembangkan lewat latihan yang terus menerus. Tentu saja, tak banyak yang tertarik, tak siap dan sanggup melakoninya," kata Setyo dalam Kuliah Kelas Konstitusi Seri ke-3 di Foko, Senen, Jakarta, akhir pekan lalu.

Baca juga: Pancasila dan Pendidikan

Namun demikian, untuk melahirkan lagi dan menciptakan manusia berjiwa Pancasilais ada banyak tantangan dahsyat. Jalan membangun manusia Pancasilais ini adalah jalan sunyi, yang tidak banyak temannya dan pendukung ekosistemnya. 

"Oleh kaum religius dianggap sesat karena tak sesuai kitab suci. Sedang bagi pemeluk spiritualitas lokal juga dianggap salah karena tak selaras dengan pakem, paugeran, yang telah dilembagakan sebagai adat dan tradisi," kata dia. 

Setyo mengatakan untuk menyalakan api Pancasila saat ini tidaklah mudah, sebab semua lini kehidupan termasuk ekonomi politik sudah tidak punya roh Pancasila. 

"Bagaimana kita mewujudkan karakter orang berjiwa Pancasilais, makanya perlu ada jembatan atau metode namanya hening cipta, yaitu menjalankan laku tindakan menyadari betul betul keilahian di dalam diri, menyadari nafas kita hidup dituntut tuntutan paling agung dari Tuhan, yang diturunkan di rekung hati," katanya. 

Baca juga: Akademisi: Nilai Pancasila Beri Ruang bagi Setiap Komunitas Agama

Sebagai langkah untuk mewujudkan manusia berjiwa Pancasilais itu, Setyo mengharapkan seharusnya muncul komunitas kecil yang betul-betul memegang teguh dan mempraktikkan ideologi Pancasila. 

"Kalau tanpa ada orang berjiwa Pancasilais, kita mau apa saja pasti mentok, kita berhadapan dengan kekuatan yang sangat luar biasa, ekonomi ya politik. Satu-satunya jalan ya jalan keajaiban," kata dia.

Setyo mengatakan manusia berjiwa Pancasilais itu adalah karakter manusia Indonesia yang betul betul bernilai peradaban.

"Manusia jiwa Pancasilais itu antara kata kata tindakan bisa sinergis, yang betul-betul tak lagi hipokrit, yang betul-betul mencintai negeri ini tidak sektarian," kata dia. (*)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat