visitaaponce.com

Jokowi Nampak Lebih Nyaman dengan Prabowo Dibanding Ganjar

Jokowi Nampak Lebih Nyaman dengan Prabowo Dibanding Ganjar
Reklame bergambar Presiden Joko Widodo bersama Bacapres Prabowo Subianto terpasang di Jalan Kramat Raya, Salemba(MI / Usman Iskandar)

PAKAR komunikasi politik Universitas Airlangga Suko Widodo menilai kedekatan kualitas komunikasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditentukan oleh kerangka berfikirnya. Kedekatan komunikasi dengan bacapres Prabowo Subianto memiliki interaksi yang lebih luas daripada dengan bacapres Ganjar Pranowo.

“Ini bisa juga karena faktor usia dan pengalaman (Jokowi, Prabowo Subianto) ada chemistry yang lebih besar itu yang paling mendorong. Sedangkan dengan Ganjar tampaknya pada formalitas organisasi sesama PDIP,” jelasnya.

Suko yang dihubungi, Selasa (20/6) menerangkan kondisi tersebut memang menjadi dilematis mantan Wali Kota Solo itu. Posisinya yang merupakan kader PDI Perjuangan mengharuskan dekat dan mendukung Ganjar.

Baca juga : Dekat dengan Prabowo, Jokowi Seolah Ingin Keluar dari Bayang-bayang PDIP

Sedangkan Gubernur Jawa Tengah tersebut memiliki interaksi yang aktif dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri.

Baca juga : PDIP Menang Dua Pemilu karena Jokowi Effect

“ Memang ini dilema Jokowi satu sisi dari di mana dia bernaung mengharuskan dia dekat dengan Ganjar sedangkan Ganjar ada interaksi dengan Megawati. Jadi tarik menarik ini lebih banyak rintangannya dengan Ganjar. Itu yang nampak di permukaan”

Di sisi lain ada stigma Ganjar sebagai petugas partai politik dan Jokowi menjadi king maker. Tetapi Jokowi merasa tidak memiliki magnet yang cukup kuat kepada Ganjar sehingga hal ini bisa dinilai sebagai relasi yang bermasalah antara Jokowi dan partainya.

“Latar belakang mereka berada di politik juga mempengaruhi. Ganjar besar di PDIP sedangkan Jokowi tidak. Jokowi berpengalaman di eksekutif sedangkan Ganjar di legislatif,” tukasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat