visitaaponce.com

Ini Kata Ganjar Pranowo soal Dukungan PDI Perjuangan ke Anies Baswedan

Ini Kata Ganjar Pranowo soal Dukungan PDI Perjuangan ke Anies Baswedan
Mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo(MI/Agus Utantoro)

MANTAN Gubernur Jawa Tengah dua periode, Ganjar Pranowo mengungkapkan munculnya nama Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta yang akan didukung PDI Perjuangan membuktikan keterbukaan yang ada di partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

Ditemui usai salat Idul Adha di Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Senin, Ganjar mengungkapkan, diskusi dan negosiasi itu dimaksudkan agar ada kecocokan antara PDI Perjuangan dengan Anies. 

"Jangan sampai nantinya ke kiri atau ke kanan, tetapi tetap saja lurus," katanya.

Baca juga : PDIP: Anies Harus Lebih Agresif jika Maju Pilkada Jakarta

Ganjar lebih lanjut mengatakan biasanya kalangan partai politik saat menghadapi pilkada akan menyiapkan kader-kader partainya sendiri atau internal untuk dipertimbangkan sebelum diusung untuk maju pilkada. 

Namun, ujarnya, jika ada perhitungan lain  semisal tidak ada yang memenuhi kriteria, maka PDI Perjuangan bisa saja kemudian mengusung calon dari luar partai, dengan kesepakatan-kesepakatan.

Namun jika kemudian memilih kader dari luar partai sendiri, jelasnya maka kemudian akan dilakukan serangkaian pembicaraan dan kesepakatan, 

Baca juga : Duet Ganjar-Anies Tidak Logis, PDIP Disarankan Pilih Sandiaga

"Nilai-nilai demokrasi lah, secara ideologis lah, bagaimana kita sikap terhadap situasi yang sekarang makin tidak mudah?" kata mantan calon wakil presiden 2024 itu.

Hal itu, lanjutnya, dimaksudkan kemudian politisi yang didukung nanti bisa konsisten, bisa melihat bagaimana sejarah di awal dan menyamakan persepsi serta sikap agar ketika merespons situasi itu tidak ke kiri dan ke kanan, lurus.

Ganjar turut memastikan bahwa siapa pun kandidatnya, tetap akan melalui tahap rekrutmen serta seleksi di PDIP. Termasuk Anies yang merupakan mantan pesaingnya di Pilpres 2024 lalu.

Baca juga : Anies-Ganjar: Mudah di Elite, Sulit di Akar Rumput

Menurut Ganjar, di provinsi-provinsi besar cukup banyak yang berminat, sehingga dipastikan akan melalui proses.

"Dalam proses rekrutmen mereka mendaftar, nanti proses seleksi. Itulah proses-proses pertimbangan yang akan diambil dan sekarang masih berjalan, maka tinggal tunggu aja nanti," ujarnya.

Karena itu jelasnya, sampai saat ini nama Anies masih dalam pembahasan. (AU/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat