visitaaponce.com

Anies-Ganjar Mudah di Elite, Sulit di Akar Rumput

Anies-Ganjar: Mudah di Elite, Sulit di Akar Rumput
Bacapres Anies Baswedan(MI/Lilik Darmawan )

PENGAMAT politik dari Universitas Padjadjaran Firman Manan menilai wacana penyatuan Ganjar Pranowo dengan Anies Baswedan pada ajang Pilpres 2024 tidak mendapat masalah berarti di tingkat elite. 

"Kalau kita lihat pengalaman koalisi pencapresan memang selalu cair. Tidak ada misalnya batasan ideologis. Bahkan bisa menjadi koalisi yang memperbesar basis massa. Karena ini kan katakanlah gabungan nasionalis dengan Islam. Kalau kita bicara kalkulasi, hitung-hitungan elektoral," terang Direktur Eksekutif Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC) itu.

Menurutnya, selama ini koalisi dengan pemasangan calon hampir tidak ada batasan kalau melihat pengalaman-pengalaman sebelumnya. Selalu yang dicari adalah bagaimana memperluas basis massa.

Baca juga: Soal Wacana Ganjar-Anies, PKS: Mungkin Saja

"Ini menggabungkan dua figur sekaligus pendukung yang berada dalam posisi diametral. Artinya Mas Ganjar dilihat sebagai figur yang melanjutkan pemerintahan hari ini. Sebaliknya, Mas Anies figur yang membawa wacana perubahan. Termasuk pendukungnya di akar rumput," tambahnya.

Meski demikian, tantangan akan muncul pada level akar rumput. Pendukung kedua calon presiden (capres) terlanjur berada pada posisi berbeda. Menurutnya, problematika yang muncul adalah mungkinkah para pendukung yang di tingkat akar rumput bisa disatukan. Karena keduanya berada pada segmen elektoral yang sebetulnya terpisah secara diametral.

Baca juga: NasDem Sebut Anies Tetap Capres terkait Wacana Dipasangkan dengan Ganjar

"Tantangannya kalau wacana ini terus berlanjut bagaimana menyatukan basis massa di tingkatan akar rumput itu. Itu tidak mudah menurut saya. Kalau di level elite, sangat mudah, sangat mudah, sangat dinamis. Apapun bisa terjadi," pungkasnya.(RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat