visitaaponce.com

Dukungan untuk Anies Baswedan dari Pengusaha Warteg Makin Solid

Dukungan untuk Anies Baswedan dari Pengusaha Warteg Makin Solid
Potret Anies Baswedan makan di warteg saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI.(Antara)

PARA pelaku usaha warung tegal (warteg) yang tersebar di berbagai lokasi menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan. Terbaru, Koperasi Warteg Nusantara (Kowantara) dengan anggota sekitar 50.000 pengusaha warteg menyatakan dukungan kepada calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Para pengusaha warteg ini berharap agar Anies Baswedan yang mengusung perubahan dapat menjadi figur yang bisa menipiskan kesenjangan ekonomi di Indonesia.

Sudirman Said, juru bicara Anies Baswedan, mengatakan pernyataan Kowantara ini menandakan Anies Baswedan telah menjadi harapan untuk perubahan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: Demokrat dan PKS Yakin Pertemuan Anies-Susi bukan Pendekatan Cawapres

“Pak Anies menjadi sosok yang diharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk membawa perubahan yang lebih baik. Warteg merepresentasikan tempat bagi semua, melekat tidak hanya ke kalangan menengah ke bawah tetapi juga disukai kalangan atas,” ujar Sudirman Said dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/7).

“Perlu juga diingat bahwa sesuai namanya, warteg ini tumbuh dari Jawa Tengah. Ini menarik, karena semakin banyak masyarakat asal Jateng yang menaruh harapan perubahan ke pundak Pak Anies,” imbuh Sudirman Said.

Harapan Kowantara

Adapun Ketua Koperasi Warteg Nusantara (Kowantara) Mukroni menyampaikan jargon Anies Baswedan yang untuk saat ini mewakili apa yang diinginkan oleh pengusaha warteg. Kowantara sendiri membawahi sekitar 50.000 pengusaha warteg.

Baca juga: Isu Munaslub Golkar Dinilai tak Untungkan Ganjar, Prabowo, ataupun Anies

Perubahan yang diinginkan Kowantara adalah agar ekonomi di Indonesia tidak hanya dikuasai segelintir orang, di mana 5% populasi saat ini yang menguasai 50% ekonomi Indonesia.

Anies sendiri memiliki hubungan spesial dengan warteg. Setiap momen Anies bersantap di warteg selalu dikenang oleh masyarakat.

Ketika masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, bersantap di warteg telah menjadi kebiasaan Anies seperti yang diunggah di akun instagramnya.

Seperti misalnya, Anies pernah mengunggah foto dirinya sedang bersantap di warteg yang ada di Pekojan, Tambora, Jakarta Barat. “Karena perut terasa lapar, mampir sarapan di Warteg Barokah di sekitar Pekojan, Tambora, Jakarta Barat. Menu sarapan tadi nasi, ikan, orek tempe, telur asin, sayur bayam, dan segelas teh tawar hangat,” ujar Anies di akun instagram.

Tidak hanya itu, saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies juga menggandeng ribuan warteg di Jakarta untuk menyediakan pangan bagi warga Ibu Kota yang terdampak pandemi Covid-19. Ini dilakukan pada 2021 dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

“Kesetiakawanan, kepedulian dan kebersamaan masyarakat Jakarta harus terus kita jaga dan perkuat. Melalui program KSBB Pangan, kita bahu membahu untuk meningkatkan perekonomian warteg di Jakarta,” ujar Anies.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat