visitaaponce.com

Latar Belakang Erick Thohir Dinilai Sempurnakan Duet Bersama Prabowo

Latar Belakang Erick Thohir Dinilai Sempurnakan Duet Bersama Prabowo
Presiden Jokowi berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri)(Antara/Dhemas Reviyanto )

KEHADIRAN Erick Thohir pada posisi calon wakil presiden (cawapres) semakin dapat menyempurnakan langkah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju pada Pilpres 2024. Keduanya dipandang menjadi kombinasi yang saling melengkapi.

“Prabowo-Erick Thohir merupakan kombinasi ideal capres-cawapres yang paling disukai publik,” tutur Peneliti Utama Political Weather Station (PWS), Sharazani.

Dia menyebut keberadaan Erick Thohir tentu akan menciptakan dampak elektora positif bagi Menteri Pertahanan ini. Terutama untuk dapat bertarung bersama pada pelaksanaan Pilpres mendatang.

Baca juga: Sikap Erick Thohir Dinilai tidak Diam terhadap Korban Kanjuruhan

Erick Thohir, papar dia, menjadi figur dengan kompetensi kepemimpinan yang sudah teruji selama tiga tahun menahkodai BUMN. Latar belakang profesional Erick Thohir kian menguatkan Prabowo yang berasal dari kalangan purnawirawan militer.

Namun lebih dari itu, Erick Thohir turut menyertai hadirnya basis suara kuat dari kalangan pemilih di luar Jawa. Tentu dapat menambah keunggulan suara bagi Prabowo yang sudah kuat di kalangan masyarakat Pulau Jawa.

Baca juga: Simulasi Head-to-Head, Prabowo Ungguli Ganjar

“Kombinasi Militer-Sipil, Jawa-Non Jawa, dan Tua-Muda,” terang Sharazani.

Merujuk pada hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023 mencatat, pemilih Erick Thohir tersebar merata pada semua etnis Tanah Air. Menguatkan elektabilitas Erick Thohir berhasil menjadi yang teratas sebagai cawapres untuk Pilpres mendatang.

Merinci suara Erick Thohir menguat di suku Minang dengan tingkat elektabilitas sebesar 42,9 persen. Kemudian di tempat kedua terdapat suku Betawi sebesar 32,5 persen dan juga menguat pada suku Jawa yakni 25,0 persen. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat