visitaaponce.com

Abraham Samad Harun Masiku tidak seperti Nazaruddin dan Anggoro

Abraham Samad: Harun Masiku tidak seperti Nazaruddin dan Anggoro
Terpidana kasus korupsi Wisma Atlet M Nazaruddin.(MI/Bary Fathahilah.)

MANTAN Ketua KPK periode 2011-2015 Abraham Samad menilai berdasarkan profiling, Harun Masiku tidak memiliki kemampuan untuk berpindah negara demi melarikan diri dari kejaran KPK seperti M Nazaruddin dan Anggoro. Ketidakmampuan Harun Masiku dilihat dalam dua faktor. 

Dua faktor yang memengaruhi itu ialah Harun tidak memiliki jaringan kuat dan kemampuan finansial Harun Masuki dinilai kurang untuk berpindah negara. Berbeda jauh dengan Nazaruddin dan Anggoro yang memiliki jaringan kuat serta finansial mumpuni hal tersebut.

Oleh sebab itu, lambatnya proses penangkapan terhadap Harun Masiku menjadi tanda tanya terhadap keseriusan KPK dalam kasus ini. "Harun Masiku kalau kita lihat dari profile-nya dia bukan orang yang punya kemampuan seperti Anggoro atau Nazaruddin," ungkapnya kepada Tim Liputan Metro TV pada Sabtu (12/8/2023).

Baca juga: KPK: Polri Pakai Data Lama Harun Masiku di Indonesia

"Secara profiling dia orang yang tidak punya terlalu punya jaringan di luar negeri dan uangnya tidak sebanyak Anggoro yang bisa berpindah dari negara ke negara lain," tuturnya.

Selain itu, lanjut Abraham Samad, proses penangkapan Harun Masiku yang berada di Indonesia jauh lebih mudah dibandingkan buronan di luar negeri. Berdasarkan pengalamannya selama menjabat, KPK telah memiliki teknologi mutakhir untuk melakukan pelacakan buronan. 

Baca juga: Bantah Harun Masiku di Indonesia, KPK: Dia di Luar Negeri

Terlebih KPK memiliki koneksi kerja sama dengan kepolisian hingga interpol untuk meringkus buron yang kabur ke luar negeri. "Tidak sesulit yang dibayangkan karena KPK itu memiliki fasilitas teknologi yang lebih mutakhir untuk melacak, melakukan profiling, dan treking terhadap orang yang jadi buronan," ujarnya.

Dirinya mengaku buron yang berpindah tempat, khususnya pindah negara, memang sangat sulit untuk ditangkap. Namun dirinya berkaca pada keberhasilannya dalam meringkus Anggoro Widjojo yang kabur Tiongkok. Keberhasilan memulangkan Anggoro atas kerja sama dan tracing serius oleh KPK.

Abraham menegaskan dengan informasi dari kepolisian RI yang menyatakan Harun berada di Indonesia, proses penangkapannya akan lebih mudah. "Harusnya sudah ada koordinasi yang intensif yang dilakukan oleh KPK dan kepolisian untuk melacak lebih jauh dan sebisa mungkin melakukan penangkapan," tandasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat