visitaaponce.com

Firli Menjamin KPK Netral Selama Pemilu

Firli Menjamin KPK Netral Selama Pemilu
Jelang Pemilu 2024, Firli Bahuri memastikan KPK akan tetap bekerja secara netral.(Antara)

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjamin instansinya bakal netral jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Lembaga Antirasuah dipastikan tidak akan berpolitik.

"Di dalam tahun politik, kapanpun itu terjadi KPK bersikap netral dan tidak melibatkan diri dari praktik-praktik politik atau praktis. Itu saya pastikan," kata Firli dalam tayangan YouTube KPK RI, Rabu, 16 Agustus 2023.

Firli menegaskan penegakan hukum di KPK tidak akan tunduk berdasarkan kekuasaan politik. Lembaga Antirasuah juga bakal memastikan pesta demokrasi tahun depan bebas dari politik uang.

Baca juga: Firli Bahuri Cs Diperpanjang, Pengamat: Bukti Presiden tak Mau Dengar Keluhan Publik

Sejumlah program disiapkan KPK untuk membersihkan pemilu dari politik uang. Salah satunya kegiatan pendidikan antirasuah ke partai dengan acara politik cerdas berintegritas.

"Para penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu juga dilibatkan dalam upaya-upaya mencegah politik uang," ucap Firli.

Baca juga: Jawab Tudingan Enggan Usut Petinggi Partai, Firli: Kami Tunduk Aturan

KPK juga bakal melakukan kampanye penolakan serangan fajar ke masyarakat. Dua program itu dipastikan dibarengi dengan penindakan. Pelaku korupsi terkait pemilu tetap ditindak, tidak akan diimbau saja. "Untuk membuat orang takut melakukan korupsi," tutur Firli. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat