visitaaponce.com

Kandidasi Cawapres Erick Thohir Dinilai Menguat Berkat Jadi Andalan Jokowi

Kandidasi Cawapres Erick Thohir Dinilai Menguat Berkat Jadi Andalan Jokowi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir(MI/Susanto )

KANDIDASI calon wakil presiden (cawapres) Menteri BUMN Erick Thohir dinilai semakin kuat jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sebab jadi andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Salahudin mengatakan elektabilitas Eks Presiden Inter Milan tersebut terkerek berkat berbagai keberhasilan menjalankan penugasan yang diberikan oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Antara Jokowi dan Erick Thohir, publik tahu bahwa Erick Thohir salah satu menteri yang diandalkan oleh Pak Jokowi adalah Erick Thohir,” kata Salahudin. 

Salahudin melanjutkan, jika ditanya seberapa jauh kedekatan yang terjalin di antara Presiden Jokowi dan Ketua Umum PSSI itu memang lebih dekat daripada menteri lain di Kabinet Indonesia Maju. Erick Thohir bahkan mendapatkan penugasan di ranah personal Presiden Jokowi sebagai Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono di Kota Solo.

Baca juga: Disebut Berpeluang Jadi Cawapres, Gibran: Nanti Enggak Ada yang Pilih

“Kalau ditanya seberapa jauh kedekatannya, tentu kita bisa mengatakan ya tentu lebih dekat dibandingkan menteri-menteri yang lainnya,” terangnya. 

Kedekatan yang terjalin di antara Erick Thohir dan Presiden Jokowi belakangan ini memang kian menegaskan adanya sinyal dukungan dari orang nomor satu di Indonesia tersebut. Selain itu, Sosok Erick Thohir juga memang memiliki peran tersendiri bagi Presiden Jokowi, baik sebelum maupun setelah masuk ke gerbong pemerintahan.

Baca juga: Yenny Wahid Akui NasDem Menawarkan Dirinya Sebagai Cawapres Anies

Di antaranya adalah Erick Thohir memiliki andil dalam menyukseskan gelaran Asian Games 2018, lalu juga menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional bagi Jokowi – Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 silam. Adapun kedekatan itu berimbas pada daya elektoral Anggota Kehormatan Banser NU itu jelang Pilpres 2024. 

Dalam survei yang dilaksanakan oleh lembaga survei Voxpol Center Research & Consulting periode 24 Juli – 2 Agustus 2023, Erick Thohir berhasil memperoleh dukungan tertinggi dengan 34,3 persen suara. Oleh karena itu, Salahudin menegaskan, adanya kedekatan antara Erick Thohir dengan Presiden Jokowi ini bisa menjadi sinyal kuat dukungan cawapres pada Pilpres 2024 mendatang. 

Salahudin meyakini Erick Thohir adalah sosok yang bisa melanjutkan program dan pemerintahan dari Presiden Jokowi sebagai cawapres. 

“Apakah kedekatan hari ini, kedekatan Jokowi dengan Erick Thohir itu menunjukkan bahwa Jokowi mendukung Erick Thohir untuk menjadi Cawapres? Ya tentu,” pungkas Salahudin. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat