visitaaponce.com

Mentan Andi Amran Sulaiman Minta KPK Berkantor Lagi di Kementan

Mentan Andi Amran Sulaiman Minta KPK Berkantor Lagi di Kementan
Andi Amran Sulaiman meminta KPK untuk kembali berkantor di Kementan guna mencegah KKN.(BPMI setpres)

MENTERI Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pertanian (Kementan) segera berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawal jalannya pembangunan pertanian. Salah satunya menempatkan beberapa pegawai KPK berkantor di Kementan, seperti yang dilakukan saat dirinya menjabat Mentan periode 2014-2019 guna memperkuat integritas dan pencegahan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Saya minta besok ada jajaran KPK yang berkantor di Kementan untuk mengawasi jalannya pembangunan pertanian," ujar Amran usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan di Gedung PIA Kantor Pusat Kementan, Kamis, (26/10).

Amran mengatakan pengawasan KPK sangat penting agar tidak ada lagi pegawai kementan yang terjerat tindak pidana dan merugikan banyak orang, terutama para petani Indonesia. Dia ingin, Kementan kembali menjadi institusi bermartabat dan mendapat kepercayaan publik.

Baca juga: Mentan Amran Sulaiman Langsung Mulai Bekerja

"Saya kira ini penting sekali karena publik harus memahami tugas membangun pertanian. Karena itu sekali lagi saya berharap besok sudah ada KPK yang berkantor di Kementan," katanya.

Sebelumnya, Amran memastikan kordinasi antar unit di lingkup Kementan berjalan dengan baik. Terbaru, Amran meminta agar jajaran kerjanya bekerja maksimal dalam meningkatkan produksi padi dan jagung sebagai komoditas strategis nasional.

Baca juga: Amran Diharapkan Bisa Perkuat Produksi Pangan

"Yang pertama kita sudah melakukan konsolidasi untuk membuat pertanian bergerak cepat dan bekerja maksimal. Kemudian programnya kita fokus pada komoditas beras dan jagung. Karena itu saya minta agar membuat akselerasi sehingga dalam waktu dekat kita bisa swasembada," ungkap Amran.

Amran mengatakan yang terpenting saat ini adalah membangun kekompakan dan meletakan pondasi kuat agar ke depan Indonesia mampu mempercepat pembangunan pertanian. Dia ingin swasembada bisa dilakukan pada semua komoditas termasuk peternakan, gula, padi jagung dan komoditas strategis lainnya.

"Hari ini kita letakkan pondasinya agar tahun-tahun mendatang 3 potensi yang ada bisa kita maksimalkan. Jadi sekali lagi kita harus meletakkan pondasinya dengan baik untuk memudahkan kerja-kerja Menteri berikutnya," jelasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat