visitaaponce.com

Jaga Pemilu Tetap Damai, Kominfo Bentuk Satgas Anti Hoaks

Jaga Pemilu Tetap Damai, Kominfo Bentuk Satgas Anti Hoaks
Peserta kirab membawa bendera partai politik saat acara Kirab Pemilu 2024(Antara)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Hoaks. Langkah ini sebagai upaya menciptakan pemilu yang damai.

"Kami sudah membentuk Satgas Anti Hoaks di Kominfo yang memang tugas kami adalah melakukan penjelasan ke masyarakat (terkait pemilu damai)," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis, (2/11). 

Baca juga : Penguatan Literasi dan Penegakan Hukum Kunci Lawan Hoaks

Budi telah memberikan beberapa instruksi kepada Satgas Anti Hoaks. Setiap informasi keliru baik berkategori berita bohong, disinformasi, maupun misinformasi semuanya dilabeli stempel hoaks.

Baca juga :Isu Netralitas, Masyarakat Harus Lebih Intens Mengawal Pemilu

"Tidak usah dibeda-bedakan mana disinformasi, misinformasi, mal informasi. Langsung saja semua distempelin hoaks biar publik gampang nangkep-nya," jelasnya

Budi memastikan pihaknya bersikap netral dalam menindak setiap informasi hoaks. Penindakan tidak didasari arah politik salah satu pasangan calon (paslon).

"Kita di Kominfo netral, siapapun kandidatnya, siapapun partainya kalau difitnah bisa melaporkan kepada kami," tandasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat