visitaaponce.com

Alasan Firli Bahuri tidak Bisa Penuhi Panggilan Pemeriksaan Dinilai Mengada-ada

Alasan Firli Bahuri tidak Bisa Penuhi Panggilan Pemeriksaan Dinilai Mengada-ada
Ketua KPK Firli Bahuri(Antara )

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tidak memenuhi panggilan pemeriksaan kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Polda Metro Jaya hari ini dengan alasan mengikuti kegiatan roadshow bus antikorupsi ke Aceh. Alasan itu dinilai mengada-ada.

"(Alasan dinas ke Aceh) Alasan yang mengada-ada," kata mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan dalam akun X pribadinya @nazaqistsha seperti dikutip, Selasa, 7 November 2023.

Wakil Ketua Satgasus Pencegahan Anti Korupsi Polri ini mengatakan tugas kedinasan tersebut sejatinya bisa diwakilkan. Seharusnya, kata dia, Firli lebih memprioritaskan pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Baca juga: Polda Metro Jaya Diminta Cegah Firli Bahuri ke Luar Negeri

"Ini acara yang biasa diwakili, bahkan kalau pun tidak diwakili, pimpinan KPK kan ada lima orang, masih ada empat yang lain. Ada-ada saja memang Firli ini," ungkapnya.

Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melayangkan surat panggilan pemeriksaan tambahan kepada Firli Bahuri pada Kamis, 2 November 2023. Firli diminta datang untuk menjalani pemeriksaan lanjutan pada Selasa, 7 November 2023.

Baca juga: Polda Metro Jaya Bisa Ekspose Penetapan Tersangka Kasus Pemerasan SYL Besok

"Jadwal pemeriksaan di hari Selasa tanggal 7 November 2023 pukul 10.00 WIB di ruang Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, lantai 21 gedung Promoter," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 3 November 2023.

Namun, KPK mengonfirmasi pucuk pimpinan Lembaga Antirasuah itu tidak bisa hadir. Firli absen karena harus mengikuti roadshow bus antikorupsi di Aceh.

"Informasi yang kami peroleh sudah berkirim surat ke sana soalnya ada kegiatan di Aceh dalam rangka roadshow bus dan juga Hakordia di Aceh," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin, 6 November 2023.

Polda Metro Jaya belum bersuara perihal ketidakhadiran Firli dalam agenda pemeriksaan hari ini. Terutama soal langkah penyidik, apakah menjadwalkan ulang atau jemput paksa. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat