visitaaponce.com

Populi Center Sebut Mayoritas Masyarakat Ingin Pilpres Berjalan Satu Putaran

Populi Center Sebut Mayoritas Masyarakat Ingin Pilpres Berjalan Satu Putaran
Ilustrasi(MI/Duta)

LEMBAGA survei Populi Center merilis survei nasional terbaru mengenai posisi elektoral jelang kampanye Pemilu 2024. Di antara hasil dalam survei tersebut menunjukkan bahwa mayoritas responden menginginkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berjalan satu putaran. 

"Sebesar 64,9 persen responden menginginkan Pilpres dilaksanakan dalam satu putaran," ujar peneliti Populi Center, Hartanto Rosojati, di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis, 9 November 2023. 

Sementara sebesar 26,9 persen masyarakat menginginkan menjawab dua putaran. Lalu, empat persen masyarakat tidak mempersoalkan Pilpres 2024 berjalan satu atau dua putaran.

Baca juga: Elektabilitas Anies dan Muhaimin Meningkat

Dalam survei yang sama, responden mendapatkan pertanyaan mengenai seberapa yakin Pilpres akan selesai dalam satu putaran. Hasilnya mayoritas meyakini hal itu. 

"Ketika ditanya terkait keyakinan bahwa Pilpres akan selesai dalam satu putaran sebesar 63,9 persen responden menjawab yakin, dimana sangat yakin sebesar 10,4 persen dan yakin 53,5 persen," kata Hartanto. 

Baca juga: Rawan Konflik Kepentingan, Menteri Nyapres atau Masuk Tim Kampanye Sebaiknya Mundur

Sementara sebesar 31,3 persen menjawab tidak yakin meliputi 28,8 persen tidak yakin dan 2,5 persen sangat tidak yakin. Sisanya menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 4,8 persen.

Survei ini dilakukan pada periode 29 Oktober-5 November 2023 terhadap 1.200 responden. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan asumsi margin of error (MoE) kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat