visitaaponce.com

Hiu Paus Sepanjang 4 Meter Tersesat di Pesisir Demak

Hiu Paus Sepanjang 4 Meter Tersesat di Pesisir Demak
Hiu paus yang direkam warga.(Dokpri)

WARGA di pesisir pantai Morosari, Bedono, Sayung, Demak, Jawa Tengah (Jateng), dihebohkan dengan kemunculan hiu paus sepanjang hampir 4 meter. Diduga ikan besar pemakan plankton tersebut terpisah dari kelompoknya dan terdampar di pesisir pantai karena terseret arus air laut pasang.

Hiu paus itu terekam kamera salah seorang nelayan di Desa Bedono, Kecamatan Sayung. Terlihat ikan berukuran besar tersebut terlihat berenang kebingungan dan sempat melintasi di bawah jembatan bambu.

Sunaryo, salah seorang nelayan, menuturkan penampakan ikan hiu paus tersebut terjadi dua hari kemarin sekitar pukul 13.00 WIB. Ikan tersebut terlihat berputar-putar di sekitar pantai Morosari.

Baca juga : Tangkapan Udang Jerbung Melimpah, Nelayan Pantai Selatan Semringah

Sunaryo mengaku baru kali ini melihat hiu paus di pesisir Demak, pantai utara Jawa. Diduga ikan besar itu karena terseret arus air laut pasang atau air rob yang saat ini cukup tinggi.

Warga semula takut. Namun setelah mengetahui ikan besar tersebut bukan jenis predator, warga kini menjadi tenang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Demak Nanang Sutanar mengimbau masyarakat tidak takut dan tidak menangkap hewan mamalia itu. Selain pemakan plankton, hiu paus termasuk hewan yang dilindungi, karena habitatnya yang hampir punah.

Nanang menuturkan diperkirakan hiu paus yang terlihat di pantai Morosari terpisah dari induknya atau kelompoknya. Hiu paus juga termasuk ikan berukuran besar karena saat dewasa bisa mencapai panjang hingga 12 meter.

Habitat hiu paus biasanya berada di laut yang dalam dan sering terlihat di pantai selatan Pulau Jawa. Tingginya permukaan air laut di pantura Jawa, dampak air laut pasang, dalam satu bulan terakhir memungkinkan banyak ikan yang  habitatnya di laut dalam terseret arus atau bermunculan di pesisir. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat