visitaaponce.com

Survei SPIN Pilkada Jateng Unggulkan Ahmad Luthfi dari Kaesang Pangarep

Survei SPIN Pilkada Jateng Unggulkan Ahmad Luthfi dari Kaesang Pangarep
Ahmad Luthfi.(MI/Haryanto Mega)

LEMBAGA SPIN merilis hasil survei terkait elektabilitas sejumlah tokoh yang digadang-gadang bakal maju dalam Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. Ada tujuh nama yang tingkat disukainya mencapai 50%.

Mereka ialah Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang 'Pacul' Wuryanto, mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Siti Atikoh Suprianti selaku istri Ganjar Pranowo, hingga Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono.

"Ahmad Luthfi berhasil meroket berada di posisi pertama dalam top of mind publik. Disusul Kaesang Pangarep, Taj Yasin Maimoen, Hendrar Prihadi, Bambang Wuryanto Siti Atikoh, Sudaryono, Dico Ganinduto dan M Yusuf Chudlori," kata Direktur SPIN Igor Dirgantara dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (5/7). 

Baca juga : Ahmad Luthfi Tanggapi Kaesang Unggul Menurut Survei Pilgub Jateng

Survei menemukan ada sejumlah masalah yang harus segera diselesaikan oleh pemerintahan Jawa Tengah, seperti kemiskinan; lapangan kerja/pengangguran; dan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok.

Ia menambahkan, elektabilitas Luthfi tak lepas dari dukungan seluruh kepala desa/lurah se-Jateng. Di samping itu, peristiwa Sukolilo di Kabulaten Pati yang menarik perhatian publik luas berhasil ditangani Luthfi.

Temuan survei SPIN kali ini menunjukkan efek Presiden Joko Widodo menjadi referensi utama dalam memilih kandidat Gubernur Jateng. "Namun, Pilgub Jateng masih sangat dinamis dan terbuka lebar bagi para kandidat untuk keluar menjadi pemenang. Hal ini terlihat masih tingginya tingkat swing voters dibandingkan strong voters," pungkasnya.

Survei dilakukan pada tanggal 23 Juni-1 Juli 2024 dengan total jumlah sampel 1.200 respoden dengan margin of rrror +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%. Kriteria responden ialah penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki KTP. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat