visitaaponce.com

Dinasti Politik Jokowi Rakus Kekuasaan

Dinasti Politik Jokowi Rakus Kekuasaan
Ilustrasi(MI/Seno)

PENGAMAT politik Prof Ikrar Nusa Bakti menilai bahwa upaya melanggengkan dinasti politik keluarga Jokowi bukan sekadar haus kekuasaan, tapi rakus akan kekuasaan. Berbagai upaya intervensi di bidang hukum dan politik yang terjadi akhir-akhir ini telah membahayakan demokrasi Indonesia.

"Kami yang selama ini selalu bersuara keras itu bukan kita ingin menginjak konstitusi tapi kita ingin presiden menghormati konstitusi dan mengembalikan demokrasi pada rel yang benar. Ini bukan lagi haus kekuasaan tapi benar-benar kalah orang Jawa bilang gragas, artinya rakus," ucapnya dalam acara Rilis Hasil Survei dan Diskusi Publik yang diselenggarakan Indopol, Senin (27/11).

Prof Ikrar menjelaskan bahwa fenomena yang terjadi saat ini mengingatkannya kembali dengan masa Orde Baru. Mulai dari putusan MK yang meloloskan putra presiden untuk ikut dalam kontestasi Pilpres hingga pengerahan aparat desa dan lainnya untuk mendukung calon tertentu.

Baca juga : Prabowo Gandeng Gibran, Isu Dinasti Politik bakal Terus Menggema

Prof Ikrar bahkan memprediksi bahwa calon presiden yang didukung Jokowi akan menang dalam Pilpres 2024. Sebab, intervensi penguasa sangat besar dalam pesta demokrasi kali ini.

"Saya melihat Presiden Jokowi dalam hal ini maju terus pantang mundur. Kelihatan Prabowo-Gibran akan menang," imbuhnya.

Dia berharap agar masyarakat bisa melihat dan sadar akan adanya upaya-upaya menciderai demokrasi bangsa. Hal itu berbahaya bagi masa depan Indonesia, sehingga diperlukan kekuatan bersama. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat