visitaaponce.com

Efektivitas Kampanye tidak Sebatas dari Kunjungan Paslon

Efektivitas Kampanye tidak Sebatas dari Kunjungan Paslon
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) menyapa warga saat kampanye di kawasan Masjid Agung Banten, Serang, Banten, Minggu (3/12).(ANTARA/GALIH PRADIPTA)

PENGAMAT politik Universitas Padjadjaran Ari Ganjar Herdiansyah mengatakan bahwa efektivitas kampanye tidak hanya ditentukan melalui kunjungan pasangan capres-cawapres saja.

"Efektivitasnya tidak bisa ditentukan pada saat pasangan calon (paslon) itu berkunjung, tetapi oleh banyak hal; antara lain basis partai pendukung, jaringan relawan, popularitas paslon di daerah, dan kinerja tim sukses," kata Ari seperti dilansir dari Antara, Rabu (6/12).

Selain itu, lanjut Ari, isu-isu berskala nasional juga dapat memengaruhi efektivitas kampanye yang dilakukan oleh masing-masing capres-cawapres.

"Isu-isu nasional juga dapat berdampak, seperti blunder Ade Armando, yang bisa mengurangi suara Prabowo-Gibran dan menguatkan suara Ganjar-Mahfud atau Anies-Muhaimin," katanya.

Baca juga:

Tengok Rekam Jejak, Ganjar-Mahfud Dinilai Mampu Kembalikan Muruah Hukum

Anies Janjikan Penambahan Kuota dan Biaya Haji Terjangkau

Di sisi lain, Ari meyakini bahwa setiap paslon telah memperkirakan strategi agar kampanye yang dilakukan di tiap daerah dapat berjalan efektif.

"Pada intinya, semua paslon telah berhitung daerah-daerah yang mereka kunjungi dengan potensi suara. Apakah mempertahankan dan memperkuat basis paslon sendiri atau merebut basis suara paslon lain," ujarnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat