visitaaponce.com

BNPT Waspadai 6 Isu Penting di Akhir 2023

BNPT Waspadai 6 Isu Penting di Akhir 2023
Ilustrasi(MI)

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memaparkan sejumlah isu penting pada akhir 2023. Salah satu yang paling utama adalah momentum perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

"Ada enam isu penting itu. Pertama tentu perayaan Natal dan tahun baru 2024. Kemudian isu kedua adalah tahapan Pemilu. Kita ingin ini bisa berjalan aman dan damai tanpa serangan teroris," kata Kepala BNPT Rycko Amelza Dahniel dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) VII di Jakarta, Selasa (19/12) malam.

Isu ketiga, ia melanjutkan, yakni langkah strategis agar masyarakat tidak mudah terpancing isu terkait situasi di Gaza, Palestina. Selanjutnya, isu keempat, adalah antisipasi perubahan pola serangan dari semula hard approach menjadi  soft approach.

Baca juga: BNPT: Tindakan Preventif Aksi Teror Mesti Dilakukan Jelang Natal dan Tahun Baru

"Dari data grafis, kita melihat serangan terorisme terus menurun. Itu jangan membuat kita terlena karena justru pola serangan yang mereka ubah. Kita menduga mereka memperkuat sel atau jaringan sambil menunggu momen untuk melakukan serangan," jelasnya.

Isu kelima ialah mewaspadai meningkatnya radikalisme kepada kelompok rentan, yakni perempuan, anak-anak dan remaja. Adapun, yang terakhir adalah upaya meningkatkan rasa keperdulian masyarakat serta partisipasi publik sehingga tercipta resiliensi masyarakat. Resiliensi adalah ketahanan psikologis, yakni kemampuan untuk mengatasi krisis secara mental dan emosional, atau untuk kembali ke status sebelum krisis dengan cepat.

Baca juga: Perkuat Kewaspadaan Anak Bangsa terhadap Ancaman Intoleransi dan Radikalisme

"Pola serangan kelompok paham kekerasan ini sebenarnya bukan sekedar secara fisik namun keyakinan. Mereka tidak bisa menerima perbedaan karena yakin hanya mereka kelompok paling benar. Bermula dari intoleransi, berujung ke radikalisme dan terorisme," papar Rycko. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat