visitaaponce.com

Timnas AMIN Minta KPU Larang Pertanyaan Jebakan dalam Debat

Timnas AMIN Minta KPU Larang Pertanyaan Jebakan dalam Debat
Ketua Timnas AMIN meminta KPU mengevaluasi debat cawapres, terutama pertanyaan jebakan dari Gibran ke Muhaimin.(MI/Ramdani)

KETUA Tim Nasional Pemenengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Muhammad Syaugi Alaydrus meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengevaluasi jalannya debat calon wakil presiden (cawapres). Terutama pertanyaan jebakan yang dilontarkan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kepada Muhaimin Iskandar.

"Kami tadi sudah sampaikan ke Ketua KPU (Hasyim Asy'ari). Hal-hal seperti ini harusnya dihindari," ujar Syaugi, Sabtu (23/12). 

Syaugi berharap pertanyaan jebakan tak lagi terjadi pada debat selanjutnya. Sehingga kualitas calon presiden (capres) dan cawapres dapat terlihat seutuhnya. "Debat ini betul-betul menujukan kelas calon presiden dan wakil presiden," jelasnya.

Baca juga: Waketum PKB: Pertanyaan-pertanyaan Gibran saat Debat Dangkal

capres Anies Baswedan menilai pertanyaan yang disampaikan Gibran hanya bersifat teknis. Pertanyaan dengan mudah dapat dicari di internet. "Ketika pertanyaan (dilontarkan) dalam soal terminologi teknis, pada level ini bisa dijawab dengan Google sebenarnya," kata Anies.

Anies melanjutkan, kapasitas kepemimpinan yang dibutuhkan di tingkat nasional adalah hal-hal yang substantif. Dan pertanyaan-pertanyaan Gibran cenderung di bawah atau pada level teknis.

Baca juga: 2 Kemungkinan soal Gibran Baca Teks saat Jelaskan SGIE ke Gus Imin

"Sebagai pertanyaan sah, tapi publik bisa menilai. Kualitas pertanyaannya adalah kualitas aspek technicality, bukan aspek substansi," kata Anies.

Di arena Debat Cawapres 2024, Gibran Rakabuming Raka memberi satu pertanyaan kepada Cawapres no urut 1, Muhaimin Iskandar. Ia menanyakan bagaiamana cara Cak Imin menaikan peringkat Indonesia di State of the Global Islamic Economy (SGIE). 

“Gus Muhaimin ini adalah ketua umum PKB, saya yakin gus Muhaimin paham masalah ini. Bagaimana langkah gus muhaimin untuk menaikan peringkat di SGIE?” tanya Gibran dalam acara debat cawapres 2024 di JCC, Jakarta Pusat, pada Jumat, 22 Desember 2023. 

Cak Imin lantas ingin memastikan apa maksud dari istilah SGIE yang dilafalkan secara tak tepat oleh Gibran. Maka saat gilirannya untuk menjawab, ia lebih memilih untuk memastikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan SGIE.  "Apa itu SGIE? Saya tidak pernah mendengar istilah SGIE," jawab Cak Imin.

SGIE adalah State of the Global Islamic Economy. Misalnya, sekarang yang sudah masuk peringkat 10 besar adalah makanan halal kita, skincare halal kita, fashion halal kita. Nah itu yang saya maksud, Gus," jelas Gibran. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat