visitaaponce.com

Food Estate Dianggap Anis Baswedan Telah Gagal dan Cuma Tanam Singkong

Food Estate Dianggap Anis Baswedan Telah Gagal dan Cuma Tanam Singkong
Anies Baswedan usulkan contract estate(MI)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyindir kegagalan food estate yang sejatinya merupakan Program Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan Kementerian Pertahanan (Kemhan). Kemudian, food estate hanya ditanam singkong.

"Kalau (food estate) itu bagian dari pertahanan, barangkali bicara kebutuhan pokok kita. Tapi food estate yang dikerjakan di Kalimantan itu malah menanamnya singkong dan itu gagal pula," kata Anies dalam program 'Desak Anies: Sumbar' di Lapangan Cindua Mato, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar), Rabu, 3 Januari 2024.

Anies mengatakan menolak food estate karena proyek itu menggunakan uang negara yang dipakai oleh korporasi. Menurut Anies, anggaran food estate bisa dipakai untuk mengoptimalkan sektor pertanian.

Baca juga: Anies Baswedan Optimistis Minang Basis Pendukung Gagasan Perubahan

Sehingga, lanjut Anies, ketahanan pangan dapat terjadi. Kemudian, rakyat memiliki kemampuan untuk melakukan produksi pangan, bukan hanya sekadar menugaskan kepada sebuah kementerian dan melibatkan korporasi-korporasi.

"Menurut saya anggaran yang sama akan jauh lebih optimal jika diberikan kepda para petani-petani untuk mereka bisa dapat pupuk yang harganya murah, pupuk yang terjangkau, irigasi yang diperbaiki, tata niaga yang diperbaiki," ujar Anies.

Baca juga: Kenang Rizal Ramli, Anies Baswedan: Beliau Sosok Gemilang Indonesia

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan melalui pengoptimalan program di sektor pertanian, maka kedaulatan pangan akan terwujud. Selain itu, masyarakat juga mendapat kepastian bekerja di sektor pertanian.

"Jadi saya ingin garisbawahi di sini, orientasinya bukan semata-mata mengisi kebutuhan pangan kita, tapi juga memastikan jutaaan orang yang bekerja di sektor pertanian yang berjasa selama sepanjang hidup bangsa ini. Jangan mereka ditelantarkan dengan kita memindahkan prioritas kepada food estate," kata Anies.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat