visitaaponce.com

Anies Ingin Bangun Ketahanan Siber di Indonesia

Anies Ingin Bangun Ketahanan Siber di Indonesia
Anies Baswedan ingin Indonesia memiliki pertahanan yang mumpuni dari serangan siber.(Metro TV)

CALON Presiden nomor urut satu, Anies Rasyid Baswedan ingin Indonesia memiliki pertahanan yang mumpuni dari serangan siber.

Hal itu, Anies lontarkan atas keresahannya terkait dengan aksi peretasan yang akhir-akhir ini marak terjadi. Bahkan, serangan-serangan itu juga mengincar masyarakat.

Oleh karena itu, Anies telah mencatat sejumlah cara untuk memperkuat siber Indonesia untuk melindungi masyarakat.

Baca juga : Anies: Utang Jangan Dipakai untuk Beli Alutsista Bekas

Adapun cara pertama untuk membangun kekuatan siber di Indonesia ialah, dengan cara membangun suatu sistem sistem siber yang komprehensif.

Baca juga : Anies Sebut Pertahanan Sistim Siber Tidak Dijalankan Selama 5 Tahun Terakhir

"Perencanaan yang komprehensif yang melibatkan seluruh lembaga termasuk komponen masyarakat," kata Anies.

"Kedua, pengadaan teknologi terbaru. Tapi kuncinya adalah bukan pada teknologinya, kuncinya adalah pada pelibatan secara semesta," imbuhnya.

Selanjutnya, Anies juga menilai pentingnya respon balik jika terjadi suatu serangan. Karena, hal itu diperlukan untuk kembali menata ulang sistem saat serangan siber terjadi.

"Sehingga bisa memiliki kecepatan untuk recovery, kecepatan untuk kembali ke dalam sistem ketika terjadi serangan-serangan itu," sebutnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat calon presiden (capres) kedua atau sesi debat ketiga yang akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu (7/1).

Adapun tema debat kali ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. (Z-8).

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat