visitaaponce.com

Bansos tidak Bisa Disalurkan Terus Menerus

Bansos tidak Bisa Disalurkan Terus Menerus
Sejumlah warga antre untuk mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT)(Antara)

PENGAMAT Kebijakan Publik, Agus Pambagio mengatakan bahwa pemberian bantuan sosial (bansos) tidak boleh digulirkan untuk selamanya.

"Soal bansos itu tidak boleh digulirkan selamanya, dia hanya sebagai buffer saja ketika terjadi gejolak ekonomi atau sosial masyarakat yang bawah tidak bertambah miskin, itu tujuannya," kata Agus saat dihubungi pada Kamis (11/1).

Agus menilai, yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya, membuka sekolah-sekolah yang tidak mahal dan seterusnya, bukan hanya memberikan bansos saja kepada masyarakat.

Baca juga : Bansos Langsung Diantar ke Rumah, KPM Banyuwangi Sebut Pos Indonesia Memudahkan

"Tetapi dalam situasi politik seperti sekarang, itu (bansos) jadi alat menarik hati orang. Justru harusnya presiden tidak melakukan itu dan kalau orang mau kalau kasih bansos itu ya kasihlah, kalau yang dilakukan sekarang kan kampanye pakai uang negara dan itu dilarang. Memang membuktikannya sulit apalagi kalau aparat sudah dikuasai," terangnya.

Baca juga : Anies Baswedan: Bansos tidak akan Dihapuskan, Justru Ditambah Manfaatnya

Untuk pemberian bansos, ujar Agus sebenarnya pemerintah boleh-boleh saja memberikannya kepada masyarakat, akan tetapi ia menegaskan agar tidak memberikan bansos dengan menggunakan dana negara.

"Kan itu yang dibicarakan hari-hari ini. Jadi uang itu sebaiknya digunakan untuk menciptakan lapangan pekerjaan, bukan memberikan bansos, itukan tidak mendidik memberikan bansos tiap saat," tandasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat