visitaaponce.com

Menteri Mundur Pukulan Serius Bagi Jokowi dan Prabowo-Gibran

Menteri Mundur Pukulan Serius Bagi Jokowi dan Prabowo-Gibran
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati jadi salah satu menteri yang santer dikabarkan segera mundur dari kabinet.(AFP)

KABAR mundurnya sejumlah menteri di kabinet Presiden Joko Widodo harus dipastikan kembali. Jika kabar itu benar maka hal ini akan menjadi pukulan serius bagi Jokowi sebagai kepala pemerintahan bahkan peta kekuatan paslon yang didukungnya dalam Pilpres 2024 juga pasti akan berubah. 

Pernyataan ini disampaikan peneliti senior politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Lili Romli saat dihubungi, Jumat (19/1).

"Kalau benar bahwa ada 15 menteri yang mau mundur, tentu ini menjadi pukulan bagi Jokowi," ujarnya.

Baca juga : Bawaslu Persoalkan Netralitas Para Menteri Jokowi

Situasi ini bisa dipahami sebagai sikap karena Jokowi sebagai kepala negara tidak netral dan condong mendukung salah satu pasangan calon yang merupakan anak kandungnya.

"Mereka akan mundur mungkin sudah tidak tahan melihat cawe-cawe presiden yang berusaha memenangkan paslon 2, yang notabene di dalamnya ada anaknya, Gibran," ungkapnya.

Mundurnya para pembantu Jokowi praktis menggerus legitimasi atau tingkat kepercayaan publik pada presiden. Tidak hanya itu kepercayaan publik serupa juga akan berimbas pada tingkat keterpilihan paslon yang dijagokan.

Sebelumnya ekonom senior Faisal Basri dalam sebuah acara diskusi di Jakarta baru-baru ini menyebut Sri Mulyani adalah menteri yang secara moral paling siap untuk mundur dari kabinet.

Selain Sri Mulyani, Faisal juga menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono siap mundur. Menurut Faisal, menteri dari kalangan teknokrat siap mundur karena isu dukungan Presiden dalam pilpres. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat