visitaaponce.com

Sebut Banyak Petani Kekurangan Tanah, Cak Imin Singgung ada yang Punya Tanah Sampai 500 Ribu Ha

Sebut Banyak Petani Kekurangan Tanah, Cak Imin Singgung ada yang Punya Tanah Sampai 500 Ribu Ha
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyampaikan visi-misi dalam sesi pertama debat cawapres kedua(Dok. Youtube KPU)

CALON wakil presiden RI nomor urut satu Muhaimin Iskandar membeberkan visi-misinya terkait isu lingkungan dalam debat cawapres kedua di JCC, Jakarta, Minggu (21/1).

Cak Imin menuturkan hasil sensus pertanian BPS menunjukkan sepuluh tahun terakhir telah terjadi jumlah petani rumah tangga kekurangan tanah.

“Jumlah rumah tangga petani gurem berjumlah hampir 3 juta. Ini artinya 16 juta rumah tangga petani hanya memiliki tanah setengah hektare,” ungkap Gus Imin, di debat cawapres 2024, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Baca juga : Mahfud dan Muhaimin Tampil Apik di Debat Cawapres Kedua

“Sementara ada seseorang yang memiliki tanah 500 ribu hektare sebagai kekuasaan yang diberikan negara kepadanya,” tambahnya.

Cak Imin juga mengambil kutipan Pendiri NU yang mengatakan petani adalah penolong negeri. Akan tetapi, kata Gus Imin, saat ini masyarakat menyaksikan negara dan pemerintah abai terhadap nasib petani dan nelayan.

“Di sisi yang lain kita sangat prihatin upaya pengadaan pangan nasional dilakukan melalui food estate. Food estate terbukti mengabaikan petani kita, meninggalkan masyarakat adat kita, menghasilkan konflik agraria dan bahkan merusak lingkungan kita. ini harus dihentikan,” tandasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat