visitaaponce.com

H-10 Pemilu 2024, Anak Muda masih Bingung Pilih Siapa

H-10 Pemilu 2024, Anak Muda masih Bingung Pilih Siapa!
Komunitas Bincang Muda berkomitmen mendorong partisipasi bermakna generasi muda dalam membangun dan meningkatkan kualitas demokrasi(MI/HO)

INDONESIA saat ini dihadapkan dengan dua situasi yang membutuhkan perhatian. Yakni indeks demokrasi Indonesia yang kian terjun bebas dalam beberapa tahun terakhir; kedua, bonus angka generasi muda yang mulai aktif sebagai political citizenship dalam Pemilu 2024 hampir sebesar 55% dari total pemilih yang ada. 

Komunitas Bincang Muda berkomitmen penuh untuk mendorong partisipasi bermakna generasi muda dalam membangun dan meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, baik secara prosedural maupun subtansial.

“Faktanya, demokrasi di Indonesia masih ada dalam tumpuokan masalah. Masalah yang wajib menjadi prioritas kita bersama untuk mencapai visi Indonesia di masa depan. Berdasar data Economist Intelligence Unit, indeks Demokrasi kita mengalami penurunan yang luar biasa besar, dari peringkat ke-52 turun loncat menjadi ranking ke-54. Wajar makanya kita bisa dikategorikan sebagai negara dengan Demokrasi yang cacat," kata Founder Bincang Muda Raden Farhan Syahir dalam Pre-launching Bincang Muda dengan tajuk “H-10 Pemilu 2024, Anak Muda masih bingung pilih siapa” di Interaksi Space, Kota Depok, Minggu (4/2).

Baca juga : Kemunduran Kualitas Demokrasi Makin Terasa

Komunitas Bincang Muda akan melaksanakan Pre-launch Bincang Muda di lima provinsi dengan angka generasi muda paling tinggi di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten. Pelaksanaan Pre-launch Bincang Muda perdana dilaksanakan di Kota Depok yang menjadi representasi Provinsi Jawa Barat dengan angka generasi muda tertinggi di Indonesia. 

Kegiatan Pre-launch Bincang Muda perdana di Kota Depok  ini secara spesifik membawa tajuk H-10 Pemilu 2024, Anak Muda masih bingung pilih siapa dengan mengundang empat narasumber utama, yaitu Surya Hadipermana (Politisi PKS); Nofel  Saleh Hilabi (Politisi Golkar); Vicky Prasetyo (Politisi Perindo); dan Jian Ayune Sundul Langit (Tim Bincang Muda); serta dipandu oleh Sabina Zahrani sebagai moderator. 

Keempat narasumber berbicara pentingnya keterlibatan anak muda dalam politik dan terutama Pemilu 2024, mereka  menyatakan kedepannya diperlukan banyak kanal untuk menjamin keterlibatan dan partisipasi anak muda dalam aktivitas politik kebangsaan. Keempatnya sepakat bahwa anak muda membawa pembaharuan dalam politik, hal ini menjamin masa depan cerah politik Indonesia. (RO/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat