visitaaponce.com

Kapolri Antisipasi Potensi Aksi Protes Usai Pencoblosan Pemilu 2024

Kapolri Antisipasi Potensi Aksi Protes Usai Pencoblosan Pemilu 2024
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.(Dok. MI/Susanto)

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengantisipasi adanya potensi protes usai pencoblosan Pemilu 2024. Kapolri mengimbau kepada semua pihak untuk melakukan protes sesuai dengan hukum yang benar.

"Pasca pencoblosan tentunya akan ada potensi yang kemudian bisa menerima terhadap hasil ataupun sebaliknya, sehingga kemudian hal-hal tersebut kita antisipasi. Harapan kita semua dilakukan menggunakan proses hukum yang benar karena ada Bawaslu, KPU, dan MK. Jadi, itu adalah institusi atau badan yang diberikan manakala ada protes hasil yang tidak sesuai yang diharapkan. Itu tentunya imbauan-imbauan kita gunakan jalur yang ada," kata Sigit di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (14/2).

Kapolri mengimbau semua pihak untuk menggunakan proses hukum yang jelas jika ada protes. Di sisi lain, Kapolri juga menegaskan TNI-Polri siap untuk mengamankan jika ada masyarakat yang turun ke jalan untuk melakukan protes usai pencoblosan.

Baca juga : Pencoblosan di Papua Alami Kendala, Pemungutan Suara Ditunda

"Namun demikian, tentunya ada potensi yang tidak puas dan turun di lapangan, tentunya kita mengimbau gunakan jalur-jalur yang benar namun kita juga tetap ingin menjaga agar potensi-potensi yang kemudian melakukannya dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan aturan. TNI-Polri tentunya harus siap mengamankan masyarakat sehingga hal-hal yang akan terjadi. Pengalaman 2019 itu kita minimalisir di tahun 2024 ini," ujarnya.

Kapolri menambahkan, jika masyarakat menemukan adanya dugaan kecurangan, sudah ada wadah yang diberikan untuk menyelesaikan hal tersebut. Ia menegaskan, TNI-Polri siap untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

"Namun demikian TNI-Polri juga siap apabila seandainya itu kemudian turun ke jalan dan kemudian mau tidak mau ini tentunya akan mengganggu ketertiban umum, mengganggu kepentingan masyarakat lain, tentunya kami semua dalam posisi harus siap menghadapi segala kemungkinan," tuturnya.

Baca juga : Ungkapan Kapolri Terkait Estafet Kepemimpinan Tuai Polemik

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat