visitaaponce.com

Timnas Amin Hitung Cepat bukan Data Valid Tentukan Hasil Pilpres

Timnas Amin: Hitung Cepat bukan Data Valid Tentukan Hasil Pilpres
Ilustrasi(MI/Ramdani)

Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin) mengungkapkan hasil hitung cepat (quick count) dari berbagai lembaga survei bukan data valid yang bisa dijadikan pegangan untuk menentukan hasil Pilpres 2024.

Ketua Dewan Pakar Timnas Amin Hamdan Zoelva pun mengingatkan kepada semua pihak, khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU), untuk tidak menjadikan hasil hitung cepat sebagai basis atau rujukan dalam penghitungan riil (real count).

"Jangan sampai bahwa quick count  nanti menjadi patokan dalam mengisi, dalam rangka rekapitulasi manual," ujar Hamdan dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (15/2).

Baca juga : Surya Paloh soal Hitung Cepat: Kita Tunggu Hasil Resmi KPU

Menurut Hamdan, data yang paling valid menurut hukum untuk menjadi pegangan dalam menetapkan perolehan suara tiap pasangan calon (paslon), yaitu hasil penghitungan riil yang sedang berproses di KPU.

Oleh karena itu, dia menilai terlalu dini jika ada pihak yang menyimpulkan bahwa suara paslon tertentu mencapai angka tertinggi hingga merayakan kemenangan.  

"Kita harus hormati proses rekapitulasi yang dilakukan KPU secara berjenjang," ucapnya.

Baca juga : Timnas Amin Minta Relawan dan Saksi terus Kumpulkan Bukti Dugaan Pelanggaran

Lantaran data hasil rekapitulasi KPU merupakan data hukum paling valid, Timnas Amin meminta kepada semua saksi dan sukarelawan di seluruh wilayah Indonesia untuk terus mengawal rekapitulasi suara Pilpres 2024. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat