visitaaponce.com

Survei Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Merosot

Survei: Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Merosot
Presiden Joko Widodo memberikan kenaikan pangkat istimewa jenderal bintang empat kepada Menhan Prabowo Subianto.(AFP/Bay Ismoyo)

SEBANYAK 76,6% responden survei Indikator Politik Indonesia mengaku puas pada kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Angka itu merosot dibandingkan survei serupa sebelum Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kalau dilihat trennya, ada penurunan dari 78,6 persen dalam survei kami sebelumnya pada 12 Februari dan 13 Februari 2024 atau turun dua persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara virtual, Rabu, 28 Februari 2024.

Burhanuddin mengatakan 49,6 persen responden menjawab cukup puas atas kinerja Jokowi. Sementara 27 persen mengaku sangat puas.

Baca juga : Survei: PDIP Berpotensi Tidak Menang di Pemilu 2024, Dikalahkan Gerindra

"Sedangkan yang tidak puas totalnya 20,7 persen yang terdiri dari 11,4 persen menjawab kurang puas dan 9,3 persen menjawab sangat tidak puas," ujar dia.

Burhanuddin menyebut publik masih percaya pada kinerja Jokowi kendati ada penurunan. Sebab, kata dia, tingkat kepuasan publik masih di atas 76 persen.

"Di satu sisi, temuan yang memberi gambaran optimistis. Tapi mulai ada dampak negatif yang dirasakan Jokowi sendiri," papar dia.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan pada 18 Februari hingga 21 Februari 2024. Responden survei mencapai 1.227 orang yang berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki telepon.

Penarikan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD) dan wawancara melalui telepon. Margin of error sekitar ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat