visitaaponce.com

Ini Peran 5 Tersangka Penipuan Modus Email Palsu pada Perusahaan Singapura

Ini Peran 5 Tersangka Penipuan Modus Email Palsu pada Perusahaan Singapura
Lima tersangka penipuan modus email palsu terhadap perusahaan Singapura.(Dok. Medcom.id)

BARESKRIM Polri mengungkapkan peran lima tersangka penipuan dengan modus email palsu atau online scams terhadap perusahaan Kingsford Huray Development di Singapura. Mereka bersengkongkol dan sempat meraup Rp32 miliar dari praktik kotor tersebut.

"Masing-masing tersangka memiliki peran dalam perkara ini," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Himawan Bayu Aji di Mabes Polri, Selasa, 7 Mei 2024.

Himawan mengatakan tersangka pertama ialah CO alias O yang merupakan warga negara Nigeria dan menjadi otak penipuan. O memerintahkan tersangka L dan E mencari orang untuk membuat perusahaan bernama Huttons Asia International.

Baca juga : Polri Tangkap 5 Tersangka Penipu Perusahaan Singapura dengan Modus Email Palsu

"Serta menjadi direktur perusahaan dan membuat rekening perusahaan untuk menampung uang hasil kejahatan," ujar jenderal bintang satu itu.

Himawan menyebut tersangka kedua ialah DM alias L yang merupakan residivis. L berperan merekrut tersangka YC dan I untuk membuat perusahaan palsu dan rekening untuk menampung uang hasil kejahatan atas perintah O.

"Yang bersangkutan pernah menjalani hukuman di Polda Metro Jaya atas perkara bisnis email compromised pada 2018 dan di Bareskrim Polri atas perkara uang palsu pada 2020," ucap dia.

Baca juga : The Beekeepers, Kala Peternak Lebah Memburu Komplotan Penjahat Siber

Tersangka ketiga ialah EJA yang juga warga negara Nigeria. Peran EJA sama dengan L untuk merekrut tersangka YC dan L dan membuat perusahaan palsu dan rekening untuk menampung uang hasil kejahatan.

"Berikutnya tersangka YC berperan membuat akta pendirian Huttons Asia International dengan tujuan membuka rekening bank perusahaan. YC dapat komisi lima persen dari uang yang masuk ke rekening itu," jelas Himawan.

Himawan menuturkan tersangka kelima, yakni I. Perannya sama dengan YC sekaligus menjadi direktur perusahaan fiktif tersebut.

Baca juga : Polisi Tangkap Penjual Tiket Palsu Konser Coldplay

"Yang bersangkutan akan mendapat fee 10 persen dari uang yang masuk," jelas dia.

Sementara itu, Polri masih memburu satu tersangka lain berinisial S. S merupakan warga negara Nigeria yang berperan sebagai pembajak (hacker) dan berkomunikasi dengan  Kingsford Huray Development.

Atas perbuatannya, seluruh tersangka dijerat pasal 51 ayat 1 jo Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 378 KUHP dan Pasal 55 ayat 1 KUHP serta Pasal 82 dan Pasal 82 UU Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan atau Pasal 3, Pasal 5 ayat 1, Pasal 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dengan ancaman hukuman pidana paling lama 20 tahun penjara.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat