visitaaponce.com

PKS Butuh Partai Lain untuk Usung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta

PKS Butuh Partai Lain untuk Usung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta
Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri.(Dok. PKS)

PARTAI Keadilan Sejahtera (PKS) disebut membutuhkan dukungan partai lain jika ingin usung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta nanti. Meski belum ada kepastian, ada sinyal kuat bahwa PKS akan mengusung Anies Rasyid Baswedan untuk maju di pilkada Jakarta.

Sinyal itu ditangkap dari pertemuan antara PKS dengan Majelis Pusat Himpunan Warga Gereja Indonesia (MP HAGAI) yang berlangsung hari ini, Rabu (19/6). PKS menyebut pihaknya butuh partai-partai lain untuk dapat merealisasikan aspirasi dari MP HAGAI untuk mengusung Anies Baswedan.

“Secara fakta, PKS di DKI Jakarta tidak bisa mengusung sendiri. Artinya harus berkolaborasi dengan partai-partai lain. Presiden PKS Ahmad Syaiku mengatakan sebaiknya setelah dari PKS, HAGAI datang ke partai lain untuk memberikan aspirasi yang sama. Supaya nanti kalau PKS berkolaborasi dengan partai lain, sudah ada kesepahaman,” ujar Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri di kantor DPP PKS, Rabu (19/6).

Baca juga : PKS Masih Menimbang-nimbang untuk Usung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta

Mabruri mengatakan PKS saat ini masih sibuk menuntaskan pembahasan pilkada di luar daerah pulau Jawa terlebih dahulu. Karena itu, khusus untuk pilkada di pulau Jawa seperti Jawa Timur, Jawa Barat dan Jakarta, akan diputuskan menjelang batas akhir pendaftaran di bulan Agustus 2024.

Meski belum dapat memutuskan apakah di pilkada DKI PKS akan usung Anies atau tidak, Mabruri menyebut PKS masih terus menjalin komunikasi dengan berbagai partai dan kelompok atau organisasi masyarakat.

“Kita ini membahas pilkada ada 580 kabupaten kota. Ini sekarang ada rapat dari Kalimantan, segala macam. Semuanya paralel. DKI, kalau kata mas Pipin (Jubir PKS), kita ini biasanya kayak makan bubur panas, dari pinggir dulu. Indonesia bagian timur, ujung-ujung itu sudah kita putuskan. Yang tengah belakang kita putuskan,” ungkap Mabruri.

Baca juga : PKS Pertimbangkan Gabung Koalisi Perubahan Jilid II dan PDIP di Pilgub Jakarta

Sementara itu, perwakilan dari MP HAGAI berpendapat bahwa pihaknya yakin bahwa PKS akan menerima aspirasi dari mereka untuk mengusung Anies Baswedan dalam pilkada Jakarta.

"Kalau tidak yakin, kami tidak kemari. Ngapain kita sia-sia. Subjektivitas kita sih yakin, tapi keputusan tetapi di tangan mereka," ucap Ketua MP HAGAI John Tobing.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat