visitaaponce.com

Ahok Akui Kini Dirinya Berubah dan Lebih Banyak Ngerem

Ahok Akui Kini Dirinya Berubah dan Lebih Banyak Ngerem
Basuki Tjahaja Punama atau Ahok.(ANTARA/RIVAN AWAL LINGGA)

MANTAN Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Punama atau Ahok mengakui dirinya saat ini telah banyak berubah, terutama soal mengendalikan emosi dan berkomunikasi dengan lawan bicaranya.

Ahok mengatakan dia sudah belajar bagaimana caranya lebih tenang atau ‘ngerem’ saat bicara dengan orang lain yang berbeda pandangan dari dia atau saat ingin menyuarakan kebenaran.

“Kalau tadi ada yang mengatakan saya berubah. Iya memang saya merasa saya sudah banyak berubah. Saya lebih banyak ngerem. Saya banyak belajar setelah dari lulus dari tahanan. Misalnya ada orang mau ngajak berdebat sama saya, misalnya, ini buat saya air minum, buat Pak Frans ini whiskey. Oh iya, whiskey ya. Mohon maaf pak ternyata rasa lidah saya sama bapak beda,” ucap Ahok dalam diskusi ‘Ask Ahok Anything’ di Jakarta Pusat, Sabtu (22/6).

Baca juga : PDIP Beri Tugas Penting ke Ahok di Pilkada 2024

Perubahan sikap dan pembawaan Ahok, semata-mata karena ia telah banyak belajar dari dalam tahanan bagaimana caranya bersabar dan tidak perlu harus meletup-letup saat menyampaikan pendapat.

“Yang saya maksud perubahan itu kita lebih diplomatis saja. Saya mulai menyadari. Jadi kepala pemerintah atau eksekutif itu di mana pun Anda, sesungguhnya Anda adalah seorang diplomat,” kata dia.

Selain perubahan sikap dan pembawaan Ahok yang jauh lebih tenang, dia mengaku selama di tahanan dia juga banyak meluangkan waktu dengan membaca, menulis dan berlajar berbagai bahasa melalui aplikasi smartphone.

Baca juga : Ahok Siap Maju Pilkada Jakarta, tapi ....

Ahok mengatakan dirinya tak pernah menyesal sekali pun saat takdir mengharuskan dia melalui berbagai tantangan hidup seperti masuk dalam sel tahanan.

“Kalau bisa diputar balik, dunia ini saya mau akan seperti ini atau tidak? Saya akan mengatakan saya mau seperti ini. Kenapa? Karena ini menolong saya. Bayangin kalau kemarin jadi gubernur terpilih lagi. Dengan percaya diri yang begitu tinggi. Mungkin saya bisa masuk penjara gara-gara nembak orang kali?” ucap Ahok sembari bergurau.

“Karena manusia begitu. Tambah lama, dia tambah percaya diri, tambah sombong. Kita lagi di puncak-puncaknya ini, galak-galaknya. Duh masuk penjara nggak ada urusan. Kurung. Di situ kita mulai adjust (menyesuaikan diri). Saya justru jadi banyak bersyukur,” pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat