visitaaponce.com

Pilgub Jakarta Tetap Bertaji Meski tak Berstatus Ibu Kota Lagi

Pilgub Jakarta Tetap Bertaji Meski tak Berstatus Ibu Kota Lagi
Warga menikmati wahana saat Jakarta Night Carnival 2024 di Silang Monas Jakarta(ANTARA FOTO/Risyal Hidayat)

PEMILIHAN Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024 masih tetap bertaji meski dalam waktu dekat statusnya sudah bukan ibu kota lagi. Siapa pun pemenang Pilgub Jakarta 2024 nanti, berpotensi menjadikan jabatan itu sebagai loncatan untuk kontestasi Pemilu Presiden-Wakil Presiden 2029.

"Pilgub Jakarta selalu menarik karena Jakarta masih strategis, APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) yang besar dan sorotan kamera menarik sebagai batu loncatan menuju presiden," kata Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago kepada Media Indonesia, Senin (24/6).

Menurut Arifki, calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta haruslah figur yang mampu membaca Jakarta sebagai kota dengan potensi ekonomi luar biasa. Meski nantinya sudah tidak berstatus ibu kota, Jakarta tetap menjadi magnet sebagai daerah yang strategis.

Baca juga : DPRD Minta Anggaran Alat Bantu Penunjang Fisik Disabilitas Naik

Pemimpin Jakarta ke depan, sambungnya, harus mampu membaca ruang-ruang ekonomi sekaligus menyelesaikan berbagai persoalan, seperti macet, polusi udara, dan banjir. Karena daya tarik itu, partai politik bakal tetap mempertimbangkan variabel popularitas dan elektabilitas dalam menjaring nama-nama potensial sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur Jakarta.

Terkait peta politik Pilkada Jakarta, Arifki menyebut sikap PDI Perjuangan terhadap kandidat unggulan, yakni Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menentukan arah koalisi. Jika PDI Perjuangan mendukung Ahok, kemungkinan kubu Prabowo Subianto akan mendukung Anies.

"Pilkada Jakarta ini menarik, bisa menjadi momentum Anies didukung oleh PDI Perjuangan atau pada sisi lainnya, Anies didukung lagi oleh Prabowo. Kemungkinan tersebut masih terbuka saja," tandas Arifki. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat