visitaaponce.com

PDN Diretas, Kemenkominfo dan BSSN Harus Bertanggung Jawab

PDN Diretas, Kemenkominfo dan BSSN Harus Bertanggung Jawab
Layanan keimigrasian sudah pulih pascagangguan pada Pusat Data Nasional(Antara)

GANGGUAN yang terjadi terhadap Pusat Data Nasional (PDN) merupakan masalah serius yang menjadi tanggung jawab Menkominfo dan Kepala BSSN. Keduanya menurut anggota Komisi I DPR Sukamta adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas kejadian ini.

"Ini persoalan keamanan nasional. Mereka mengumpulkan semua data K/L dan Pemda jadi satu. Ternyata tidak dijaga dengan maksimal," ucapnya saat dihubungi, Selasa (25/6).

Kejadian ini menambah buruk komitmen pemerintah yang seharusnya menjamin kerahasiaan data seluruh warga negara.

Baca juga : Pemerintah Pulihkan Layanan Pusat Data Nasional yang Terganggu

"Iya (mengundurkan diri). Data yang ada adalah data-data pemerintahan dan data warga negara. Ini persoalan yang sangat serius dan bisa berimplikasi pada keamanan nasional. Kenapa tidak ada pejabat yang mengaku bertanggung jawab? Aneh bukan? Pastinya bukan hanya petugas teknis yang disalahkan," cetusnya.

Sementara itu Menkominfo Budi Arie saat dihubungi meluruskan permasalahan yang terjadi. Menurutnya yang terjadi gangguan di PDN Surabaya. Sedangkan yang Cikarang sedang dalam penyelesaian.

"Buat teman-teman media diharapkan meluruskan bahwa yang mengalami serangan itu pusat data nasional sementara(PDNS 2) Surabaya milik PT TELKOM. Pusat data nasional yang di Cikarang dalam proses penyelesaian," tandasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat