visitaaponce.com

Ada Desakan Menkominfo Budi Arie untuk Mundur, Ini Kata Wapres

Ada Desakan Menkominfo Budi Arie untuk Mundur, Ini Kata Wapres
Menkominfo Budi Ari Setiadi(MI/Susanto)

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi didesak mundur oleh masyarakat sipil setelah adanya peretasan Pusat Data Nasional (PDN) oleh hacker. Dia dianggap tidak mampu menangani dan menyelamatkan data-data nasional akibat peretasan tersebut.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut memberikan komentar. Ma'ruf mengatakan apakah Menkominfo akan diminta mundur dan digantikan oleh yang lebih berkompeten biar menjadi hak prerogatif presiden.

"Saya kira urusan ganti menganti itu urusan hak prerogatif, tetapi bahwa persoalan ini harus kita dalami, pertama kita pulihkan dulu, baru kita cari sebabnya, siapa yang harus disalahkan itu nanti. Mengenai ganti menteri dan sebagainya itu hak prerogatif presiden," kata Ma'ruf kepada awak media di Malang, Jawa Timur.

Wapres juga mengaku bahwa pemerintah tidak pernah terpikir akan ada peretasan yang menyerang langsung pusat data nasional. Sebelumnya, PDN dirancang bertujuan untuk menghindari adanya peretasan di situs-situs pemerintah daerah, kementerian atau lembaga.

"Memang dulu pusat data nasional itu dianggap bahwa di beberapa komunitas-komunitas lembaga kita itu mudah diretas. Sehingga disatukan jadi pusat data nasional. Ternyata ketika dipusatkan itu begitu diretas semua jadi kena semua. Sehingga ini tidak terpikirkan dulu. Ada peretasan begitu dahsyatnya," pungkasnya. (Dis/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat