visitaaponce.com

Dirjen Apitka Kominfo Mundur, Puan Menterinya Perlu Dievaluasi Presiden

Dirjen Apitka Kominfo Mundur, Puan: Menterinya Perlu Dievaluasi Presiden
Dirjen Apitka Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mundur dari jabatannya.(MI/Dinda Sabrina)

DIREKTUR Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan mundur dari jabatannya. Ketua DPR RI Puan Maharani menilai kinerja Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi juga dapat dievaluasi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Menteri itu merupakan orang yang membantu presiden, jadi ya selama dalam menjalankan tugasnya tidak bisa maksimal, ya mungkin bisa dievaluasi oleh presiden," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7).

Puan mengatakan mundurnya Semuel akibat serangan siber Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya. Peristiwa itu sudah dibahas di Komisi I DPR.

Baca juga : DPR Diyakini tidak Bahas RUU Perampasan Aset

"Ini kan memang satu hal yang menurut kami di DPR sudah dibahas di Komisi I hal yang harusnya tidak terjadi seperti ini. Jadi secara konkret dievaluasi, kemudian tindaklanjutnya seperti apa," ucap Puan.

Puan menilai pentingnya pihak-pihak yang bertanggungjawab untuk evaluasi diri. Khususnya mereka yang lalai hingga menyebabkan serangan hacker.

"Pihak-pihak yang kemudian merasa lalai atau kemudian bertanggung jawab ya sebaiknya bisa mengevaluasi diri," ujar Puan.

Semuel Abrijani Pangerapan mengundurkan diri dari jabatannya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab moral atas terjadinya serangan siber PDNS 2 di Surabaya.

"Saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo," ujar Semuel di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (4/7).

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat