visitaaponce.com

Jelang Arus Mudik, Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Jalan Lingkar Utara Tegal-Brebes Mulai Dilakukan

Jelang Arus Mudik, Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar  Jalan Lingkar Utara Tegal-Brebes Mulai Dilakukan
Rekayasa lalu lintas jelang mudik lebaran di jalan lingkar utara Tegal-Brebes(MI/Supardji Rasban)

DALAM persiapan menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, Polres Tegal Kota, Jawa Tengah, telah memulai langkah rekayasa lalu lintas. Langkah ini diambil untuk memperlancar arus mudik maupun arus balik.

Salah satu langkah rekayasa lalu lintas yang dilakukan adalah di Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Tegal-Brebes. Perbaikan jalan dengan pembetonan telah dimulai, dimulai dari sebelah barat Mapolres Tegal Kota, di Jalan Yos Sudarso menuju arah barat atau Jakarta. Perbaikan ini diperkirakan akan memakan waktu hingga delapan bulan, sehingga tidak akan selesai hingga Lebaran mendatang.

Rekayasa lalu lintas di Jalingkut ini melibatkan pengalihan kendaraan-kendaraan berat seperti bus dan truk yang biasanya melintas di dalam kota, dialihkan ke Jalingkut. Dalam rangka ini, polisi memberlakukan contra flow, mengubah lajur jalan yang semula empat lajur menjadi hanya dua lajur, karena adanya penyempitan akibat perbaikan jalan.

Baca juga : Mudik Lebaran, Cirebon Tutup Puluhan Titik U-Turn di Pantura

Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas menjelaskan bahwa tujuan dari rekayasa lalu lintas ini adalah agar arus kendaraan yang melintas di Jalingkut ke arah barat (Jakarta) dan sebaliknya ke timur (Semarang) melalui Kota Brebes tidak terganggu dan tetap lancar. Rekayasa ini juga diharapkan dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas di dalam kota dan mengurangi gangguan bagi masyarakat sekitar.

Menurut Dwi Deny Apriliano, staf PPK 1.1 Bina Marga ruas Losari-Pemalang, perbaikan jalan ini dilakukan dengan mengganti beton lama dengan beton baru sepanjang satu kilometer. Ruas jalan lingkar yang menghubungkan Kota Tegal dan Kabupaten Brebes ini merupakan jalur yang penting untuk mengurangi kepadatan di jalur pantura dalam kota Tegal dan Brebes.

Namun, perbaikan jalan yang lebarnya mencapai lima belas meter ini diperkirakan memakan waktu hingga delapan bulan, sehingga baru akan selesai pada November mendatang. Dengan demikian, jalan ini baru akan dapat digunakan secara fungsional saat arus mudik Lebaran.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat