visitaaponce.com

Kemenangan Penting Tuan Rumah Kamerun diPiala Afrika 2021

Kemenangan Penting Tuan Rumah Kamerun di Piala Afrika 2021
Para pemain Kamerun bergembira setelah mengalahkan timnas Burkina Faso dengan skor 2-1 di laga Grup A Piala Afrika 2021.(Kenzo Tribouillard / AFP)

DUA gol Vincent Aboubakar dari tendangan penalti mengawali langkah baik tuan rumah, Kamerun atas Burkina Faso dalam laga pertama fase Grup A Piala Afrika 2021, Minggu (9/1) malam WIB.

Kemenangan 2-1 itu dinilai penting di turnamen yang sempat ditunda untuk kedua kalinya di musim panas lalu karena dampak Covid-19. 

Tim berjuluk Indomitable Lions itu harus tertinggal lebih dulu dari Burkina Faso pada menit ke-24 lewat gol Gustavo Sangare.

Kamerun mampu membalikkan kedudukan pada menit-menit akhir babak pertama melalui dua gol penalti Vincent Aboubakar.

"Ini dalah kemenangan penting bagi kami," kata pelatih Kamerun Toni Conceicao.

“Kami tahu bahwa bermain di kandang pada pertandingan pembukaan akan sedikit membuat stres dan ada beban psikologis di pundak para pemain, tetapi mereka bereaksi dengan baik," lanjut pelatih asal Portugal itu.

Ini adalah kali kedua Kamerun menjadi tuan rumah Piala Afrika setelah yang pertama pada 1972. Sejumlah kasus positif covid-19 membayangi tim yang bersaing menjelang turnamen di buka.

Panitia penyelenggara memilih untuk membatasi batas penonton pada 60% dari kapasitas, atau 80% ketika tuan rumah bermain.

Kamerun merupakan tim kedua tersukses di Piala Afrika dengan raihan 5 gelar setelah Mesir (7 gelar). Kali terakhir timnas Kamerun menjadi juara Piala Afrika pada 2017, ketika mengalahkan Mesir 2-1 di final.

Sementara di pertandingan kedua Grup A, ada laga yang mempertemukan dua tim non unggulan, Ethiopia dan Tanjung Verde di stadion yang sama. Hasilnya, Tubaroes Azuis-julukan Tanjung Verde-meraih kemenangan tipis 0-1.

Satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan itu dicatatkan atas nama Julio Tavares saat injury time babak pertama.

Kamerun dan Tanjung Verde meraup tiga poin pertamanya. Namun, posisi puncak ditempati oleh tuan rumah karena unggul dalam hal mencetak gol. Disusul Burkina Faso dan Ethiopia yang masing-masing menduduki peringkat ketiga dan keempat. (Mal/AFP/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat