visitaaponce.com

Everton Konfirmasi Pemecatan Benitez

Everton Konfirmasi Pemecatan Benitez
Pelatih Everton Rafael Benitez(AFP/Paul ELLIS)

RAFAEL Benitez, Minggu (16/1), dipecat oleh Everton setelah hanya memimpin klub Liga Primer Inggris itu selama 200 hari.

Benitez tidak populer di mata pendukung Everton sejak ditunjuk pada Juni tahun lalu karena pernah menukangi rival sekota mereka, Liverpool.

Pelatih Spanyol itu membayar mahal atas rangkaian sembilan kekalahan dari 13 laga terakhir Everton, yang berpuncak pada kekalahan 2-1 dari Norwich City, Sabtu (15/1).

Baca juga: Everton Dikabarkan Pecat Benitez karena Rentetan Hasil Buruk

"Everton mengonfirmasi pemecatan Rafael Benitez sebagai manajer tim utama," ungkap Everton.

"Benitez, yang bergabung dengan Everton pada Juni 2021, akan langsung meninggalkan klub. Mengenai penggantinya akan diumumken dalam waktu dekat," lanjut the Toffees.

Mantan penyerang Everton Wayne Rooney, yang saat ini menukangi klub Divisi Championship Derby, diunggulkan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Benitez.

Rooney adalah pemain didikan Everton yang dua kali memperkuat klub Merseyside itu setelah sempat hijrah ke Manchester United.

Dia sukses membuat Derby tetap tampil gemilang di Divisi Championship meski diganjar pemangkasan poin dan klub itu mengalami krisis keuangan.

Mantan pelatih Chelsea Frank Lampard juga disebut sebagai kandidat sebagai pelatih baru Everton.

Selain itu ada juga nama pelatih Brighton and Hove Albion Graham Potter dan mantan pelatih AS Roma Paulo Fonseca.

Di bawah kendali Benitez, Everton hanya meraih 19 poin dalam 19 laga, terendah sejak musim 2005-06.

Penunjukkan Benitez untuk menggantikan Carlo Ancelotti yang hijrah ke Real Madrid merupakan pertaruhan besar bagi pemilik Everton Farhad Moshiri.

Benitez tidak disukai pendukung Everton setelah menjuluki the Toffees sebagai klub kecil kala menukangi Liverpool, yang diantarkannya menjadi juara Liga Champions pada 2005.

Bulan lalu, Moshiri membela Benitez dan menegaskan pelatih berusia 61 tahun itu akan diberi waktu untuk memperbaki performa Everton dengan tambahan pemain baru.

Namun, hasil yang diraih the Toffees tidak membaik dan perlawanan dari pendukung terhadap Benitez semakin menguat sehingga pelatih Spanyol itu akhirnya dipecat.

Pemecatan Benitez dijadikan bahan ejekan oleh para pendukung Liverpool yang menyanyikan pujian untuk pelatih Spanyol itu dalam laga Liga Primer Inggris mereka melawan Brentford.

Benitez meninggalkan Goodison Park saat Everton menduduki peringkat 16 klasemen, enam poin dari zona degradasi. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat