visitaaponce.com

Kalahkan Mesir Lewat Adu Penalti, Senegal Juara Piala Afrika

Kalahkan Mesir Lewat Adu Penalti, Senegal Juara Piala Afrika
Timnas Senegal merayakan keberhasilan mereka menjadi juara Piala Afrika(AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

SADIO Mane membayar tuntas kegagalan mengeksekusi penalti di waktu normal dengan menjadi algojo penentu di babak adu penalti kala Senegal mengalahkan Mesir 4-2 di babak adu penalti setelah laga final Piala Afrika itu berakhir imbang tanpa gol di waktu nomal plus tambahan waktu, Senin (7/2) dini hari WIB.

Eksekusi penalti Mane, saat laga baru berlangsung tujuh menit, berhasil dimentahkan penjaga gawang Mesir Mohamed Abou Gabal dalam laga di Stadion Olembe sebelum laga berakhir imbang tanpa gol hingga masa perpanjanga waktu. 

Mohamed Salah dijadwalkan menjadi eksekutor penalti kelima Mesir. Namun, setelah eksekusi Mohamed Abdelmonem membentur tiang gawang dan tendangan Mohanad Lasheen ditahan Edouard Mendy, penyerang Liverpool itu tidak mendapat kesempatan untuk bertugas setelah Mane sukses menjadi eksekutor pamungkas Senegal.

Baca juga: Salah Tegaskan Tekad Antar Mesir Jadi Juara Piala Afrika

Setelah dua kali kalah di babak final, Senegal akhirnya berhasil menjadi juara Piala Afrika. Adapun Mesir gagal memperpanjang rekor delapan gelar Piala Afrika mereka, yang akan menjadi gelar pertama bagi Salah.

Kemenangan Senegal terjadi setelah laga final yang mengecewakan, kelima dari 11 laga final terakhir turnamen yang harus diselesaikan lewat adu penalti.

Mesir, sebelumnya, berhasil menjadi juara Piala Afrika dua kali melalui adu penalti setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal. Mereka juga melakukannya dua kali di perhelatan kali ini yaitu di babak 16 besar melawan Pantai Gading dan di laga semifinal melawan Kamerun. Namun, keberuntungan tim Firaun tampaknya berakhir kali ini. (AFP/OL-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat